Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Sosial WELL PROJECT

Bala... Seputar Harapan Indah yang selalu diberkati Tuhan. Perlu diketahui bahwa kami adalah WELL PROJECT yang bergerak di bidang publikasi online dan perancang bangun web serta pengorganisir proyek proyek yang berhubungan dengan promosi dan edukasi masyarakat. Salah satu media online kami adalah Seputar Harapan Indah DOTcom ( www.SeputarHarapanIndah.com ) yang notabene merupakan One Stop Information of Harapan Indah City.


Selain di bidang BISNIS kami juga ingin memperkenalkan program SOSIAL kami di bidang kesehatan, antara lain :
  • Edukasi Kesehatan : Presentasi – Seminar Awam ( Judul / Topik sesuai kebutuhan )
  • Bakti Sosial : Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis bagi warga yang tidak mampu, Donor Darah, sunatan massal, dsb
  • Skrining Hepatitis B, Skrining Diabetes, Skrining Osteoporosis, Skrining Hipertensi, Skrining Stroke, Skrining Kanker,  dsb
  •  Imunisasi / vaksinasi, dsb


Tema yang kami pilih untuk bidang kesehatan adalah ‘MENCEGAH PENYAKIT SELALU LEBIH BAIK DAN LEBIH MURAH DARIPADA MENGOBATI PENYAKIT’, Langkah awal kami saat ini adalah kami bekerja sama dengan Klinik Dokter Keluarga dr. Irawati, Klinik Alergi BIO-E Harapan Indah dan kami akan merangkul beberapa Instansi Sekolah yang mana diawal program kami ini kami fokus untuk Instansi PAUD-TK-SD. Kami berharap pihak sekolah untuk turut serta berperan aktif dalam meningkatkan derajat kesehatan lingkungan di mulai dari sekolah sebagai pusat pendidikan di masyarakat. Kami berharap dapat bekerjasama dan mendapat dukungan positif dari Instansi Sekolah. Kami terbuka untuk Instansi Sekolah rekan rekan semua bila ternyata sampai saat ini Instansi Sekolah anda belum kami rangkul. Mohon silahkan hubungi kami !

Dengan tidak menutup kesempatan bekerjasama dengan institusi kesehatan yang lain, kali ini pemilihan kerjasama dengan Klinik Dokter Keluarga dr. Irawati, karena Klinik tersebut adalah Klinik Dokter Praktek Umum yang telah  mendapatkan Sertifikasi sebagai salah satu Klinik Dokter Keluarga di Indonesia. Yang sudah mengaplikasikan konsep Dokter Keluarga dalam tata laksana pencegahan dan pengobatan , antara lain klinik pertama yang dilengkapi Virus Washer untuk mencegah Infeksi Nosokomial, menyediakan Program Pencegahan Penyakit sejak dini dengan dibukanya Klinik Alergi Bio E Harapan Indah.



Latar Belakang dari Program Sosial kami ini adalah karena pentingnya kesehatan bagi kita. Kita semua setuju bahwa kesehatan adalah hal yang paling penting dalam kehidupan kita ini, tak ternilai harganya.  Apalagi pada  kondisi sekarang ini kesehatan menjadi barang yang langka dan memang mahal harganya. Bahkan tak jarang banyak kejadian di masyarakat kita, mereka yang kesulitan dalam mengatasi biaya pengobatan ketika mereka menderita sakit.

Selain kerugian finansial  yang diakibatkan karena anak didik sakit (biaya periksa dokter, biaya periksa laboratorium, biaya beli obat, biaya rawat inap, dsb) banyak lagi yang dirugikannya antara lain kerepotan yang ditimbulkan untuk orangtua di rumah, terganggunya produktifitas kerja, dsb. Bagaimana dengan sekolah sendiri ? para guru jadi lebih repot untuk mempersiapkan anak didiknya terutama demi prestasi akademik untuk mengejar ketinggalan pelajaran selama anak didik absen akibat sakit. Bila hal ini tidak berhasil diatasi prestasi akademik buruk, maka prestasi anak didik ini akan menjadi beban bagi rata-rata prestasi anak didik sekolah.

Sesuai dengan misi Dokter Keluarga bahwa pencegahan penyakit akan lebih baik dari pada pengobatan penyakit, yang tentunya secara otomatis akan menyebabkan biaya jauh lebih ringan / ekonomis tentunya kita semua tidak harus mengalami sakit terlebih dahulu, khan ! Salah satu program unntuk mencagah penyakit ini adalah dengan memberikan Penyuluhan Kesehatan di Lingkungan sekolah.   

Patofisiologi terjadinya penyakit sedikitnya dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu daya tahan / sistem imun tubuh kita, pathogen / penyebab penyakit dan faktor lingkungan. Bila salah satu faktor atau kombinasinya tersebut terganggu maka kita berpotensi untuk sakit.

Tak dapat dipungkiri bahwa anak-anak adalah Individu yang rentan terhadap penyakit, selain karena sistem imun tubuhnya sendiri yang belum sekuat orang dewasa, juga banyak faktor  lingkungan yang mempengaruhinya terutama masalah kesadaran tentang pentingnya hidup bersih dan sehat. Hal-hal dibawah ini yang dapat menjadi sumber penyakit pada anak, sbb :
  •  Secara Genetik sudah ada dasar penyakit Alergi
  •   Polusi Lingkungan (udara, air, tanah), bagi kelas dengan sistem udara terbuka
  •  Sistem Udara tertutup ( ruangan ber AC ), memudahkan penularan penyakit yang ditularkan melalui saluran pernapasan
  •  Makanan – minuman yang tidak bersih / sehat
  •    Guru, Teman yang tetap hadir di sekolah walaupun sedang sakit
  •   dsb 

Untuk itulah pada tahap awal ini kami memilih sekolah dalam rangka memberikan penyuluhan kesehatan bagi seluruh warga lingkungan sekolah termasuk orang tua / wali murid, yakni melakukan pencegahan penyakit sejak dini sejak diusia sekolah. 

Judul Penyuluhan Kesehatan yang kami tawarkan saat ini adalah:
‘Tahukah Anda ? 
Alergi merupakan akar dari segala penyakit’




Dengan adanya program edukasi kesehatan kami ini ada beberapa keuntungan bagi sekolah yang akan diperoleh antara lain, sebagai berikut :
  •  Absensi siswa akan lebih baik karena semua pihak baik siswa maupun orang tua siswa serta pihak sekolah setelah mengikuti presentasi dari dokter kami akan menjadi lebih tahu dan lebih peduli dengan kesehatan sehingga tentunya semua pihak kondisi kesehatannya akan lebih baik. Dengan demikian siswa yang sakit dan tidak masuk akan berkurang dan proses belajar mengajar akan lebih baik.
  •  Secara tidak langsung hasil dari presentasi kesehatan tsb menyebabkan Imun Siswa akan lebih baik, sehingga proses belajar mengajar akan lebih baik.
  •   Lingkungan Sekolah lebih terjaga kesehatannya sehingga sumber penyakit dapat lebih terbatasi  oleh kesadaran akan kesehatan oleh semua pihak.
  •  Dengan terkendalinya kondisi kesehatan siswa maka proses belajar mengajar akan lebih baik.
  •  Siswa juga kan lebih focus pada materi pelajaran karena bebas gangguan kesehatan .
  •  Dengan adanya kondisi yang baik tersebut secara otomatis akan meningkatkan prestasi siswa.
  •  Dengan kenaikan prestasi siswa tentu akan membawa nama baik sekolah yang berdampak pada proses penerimaan siswa baru di tahun berikutnya.
  •  Sebagai penutup kami akan meliput secara khusus Instansi Sekolah yang terkait dalam Program Sekolah yang CARE terhadap Siswa. Selanjutnya kami akan promosikan GRATIS di www.SeputarHarapanIndah.com yang merupakan one stop informasi untuk  Kota Harapan Indah dan seputarnya. Hal ini merupakan bagian penting dari eksistensi dan kredibilitas Instansi Sekolah sehingga diharapkan berdampak positif dalam penerimaan murid baru yang akan datang. Disamping itu besar kemungkinan bila ada seseorang yang mencari informasi di Mesin Pencari di internet seperti GOOGLE misalnya akan langsung terhubung ke web kami yang sudah berisi profile Sekolah yang lengkap dengan alamat dan kontak yang bisa dihubungi.
  • Keuntungan lain yang bersifat specific dan tergantung kasus per kasus bagi Instansi Sekolah yang bisa dibicarakan dalam kerjasama ini.


Semoga bermanfaat !!!

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
Bila dirasa informasi kami ini bermanfaat bagi anda... baik anda sebagai pembaca yang mencari informasi maupun anda sebagai narasumber yang kami promosikan...  Kami atas nama WELL PROJECT management akan berterima kasih bila anda sudi menDONASIkan sebagian rejekinya untuk turut serta mendukung pengembangan SEPUTAR HARAPAN INDAH DOTCOM ini agar menjadi One Stop Information of Harapan Indah City yang bermanfaat bagi banyak orang ! Silahkan KLIK DISINI UNTUK DONASI !

Posting Komentar untuk "Program Sosial WELL PROJECT"