Tips Puasa 2012

Wadiabala Seputar Harapan Indah... Semua makanan asam dan pemicu keluarnya asam lambung tinggi tidak baik dikonsumsi terlalu banyak. Terlebih, jenis makanan dengan kandungan gas tinggi memicu keluarnya asam lambung tinggi dan sulit dicerna.


Selama berpuasa hendaknya kita memperhatikan jenis makanan yang baik untuk kita konsumsi sesuai dengan kondisi puasa. Bagi penderita gangguan lambung itu, mi dan sawi perlu dihindari untuk konsumsi puasa. Gastritis atau lebih umum disebut maag merupakan penyakit yang sangat mengganggu aktivitas. Asupan makanan tertentu perlu dikontrol terlebih makanan yang kurang bersahabat.

Biasanya anak kos pengin praktis sahur makan mi, hati-hati bagi yang punya maag, mie tidak baik untuk lambung. Sebagai langkah pencegahan kambuhnya maag saat puasa, pantangan makanan penderita yang bisa meningkatkan naiknya asam lambung harus dikenali. Konsultan gizi di Jogja, Nurwanti menerangkan, selain mie yang mengandung karbohidrat yang lengket, jenis sayuran sawi juga harus dihindari.

Kebanyakan penjual mie instan menambahkan sayuran sawi untuk menu mi. Padahal, kedua jenis makanan itu kurang sesuai untuk penderita maag. Sawi mengandung zat gas yang memicu munculnya asam lambung lebih tinggi, jadi kombinasi mi dan sawi untuk berbuka atau sahur tidak baik untuk penderita mag. Di samping dua jenis makanan ‘anak kos’ itu, beberapa jenis makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat juga perlu dihindari atau paling tidak dikurangi onsumsinya. Beberapa di antaranya yaitu kol, nangka, pisang ambon, kedondong, dan minuman bersoda.

Penderita maag disarankan juga untuk mempertimbangkan makanan yang dapat mengurangi serangan nyeri lambung yang sewaktu-waktu menyerang saat puasa. Untuk mengurangi hal itu, jenis-jenis makanan seperti kentang, brokoli, dan bubur menjadi salah satu pilihan menunya. “Selain menetralisasi asam lambung, makanan tersebut juga dapat memberi rasa kenyang yang lebih lama.

Makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari:
  • Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung yakni kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih, sari buah sitrus, susu
  • Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung. Makanan berlemak antara lain kue tart, coklat dan keju
  • Makanan yang secara langsung merusak dinding lambung yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas, merica dan bumbu yang merangsang
  • Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan antara lain alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, gorengan
  • Kegiatan yang meningkatkan gas didalam lambung juga harus dihindarkan antara lain makan permen khususnya permen karet serta merokok karena memicu keluarnya asam tinggi.
Demikian tips berpuasa kali ini semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan !

ref : 91LApc
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
Bila dirasa informasi kami ini bermanfaat bagi anda... baik anda sebagai pembaca yang mencari informasi maupun anda sebagai narasumber yang kami promosikan...  Kami atas nama WELL PROJECT management akan berterima kasih bila anda sudi menDONASIkan sebagian rejekinya untuk turut serta mendukung pengembangan SEPUTAR HARAPAN INDAH DOTCOM ini agar menjadi One Stop Information of Harapan Indah City yang bermanfaat bagi banyak orang ! Silahkan KLIK DISINI UNTUK DONASI !

SUKA DENGAN ARTIKEL INFORMATIF SEPERTI INI ?

Silahkan berlangganan Info Seputar Harapan Indah sehingga anda bisa mendapatkan langsung via email anda. Caranya mudah banget dan 100% GRATIS yaitu dengan menulis alamat email anda dibawah ini KLIK Mau Langganan. Jangan lupa dilanjutkan dengan aktivasi berlangganan dengan mengklik link yang dikirimkan ke email anda.

0 Response to "Tips Puasa 2012"

Posting Komentar

PENTING !
Kami buka kesempatan seluas-luasnya termasuk untuk ANONYMOUS. Namun demikian mohon kepada ANONYMOUS untuk menyebutkan NAMA & LOKASI anda di akhir komentar sebagai bentuk tanggungjawab anda !