Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlunya anak kita belajar Robotics


Wadiabala Seputar Harapan Indah.... Mengapa sih anak kita perlu belajar di Robotics ? Semoga paparan singkat mengenai Dasar-dasar Psikologi Robotics ini mampu membuka paradigma para wadiabala...

Psikologi Kognitif
Mempelajari tentang cara manusia menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar, mengingat dan berpikir tentang suatu informasi. Robotics juga sebuah informasi kumpulan gerak mekanis . dimana setiap objek robot memiliki keunikan rangkaian gerak mekanik sendiri-sendiri. Memiliki program control teratur berdasar kerja. Serta tampilan yang tidak sama. Keragaman informasi didalam robotics dapat dipelajari, sebagai pelajaran, pelatihan, pendidikan kreativitas anak-anak. 

Kumpulan gerak mekanis Robot dapat dinalar, dapat dijelaskan secara logis input-proses-outputnya. Sehingga setiap orang dapat mengingatnya. Sebuah gerak didapat dari rangkaian mekanik, yang pembangunan rangkaiannya terpola secara teratur/terstruktur. Percobaan-percobaan didalam prosesnya memberi pengalaman atas struktur dan gerak yang  dihasilkan ataupun penyimpangan-penyimpangan gerak yang kemudian dapat diingat. Mau dipergunakan atau tidak di percobaan membangun selanjutnya.

Input
Setiap orang berbeda juga anak-anak. Walaupun materi pelajaran yang diberikan sama, cara mereka menerima, mempelajari, menalar, mengingat dan berpikir tentang informasi Robotics berbeda. Pelajaran yang diberikan tidak serta merta menjadikan anak-anak mengikuti apa yang diajarkan. Alasannya mempelajari sambil berpraktek, perlu pembuktian dan kepercayaan mempercayai sesuatu yang didapatkan dari proses berpikir tentang sesuatu objek. 

Proses
Tetapi disisi lain patuh terhadap prinsip-prinsip dasar suatu gerak mekanik mengarahkan setiap orang untuk membangun rangkaian mekaniknya dengan benar. Setiap anak memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, bertranformasi, melalui analisa, yang kemudian mereka pahami. Dengan nilai-nilai yang distandarkan, menalarkan-mengukur dengan logika-logika umum. Membayangkan pengembangannya juga menceritakan apa yang sedang dikerjakannya.


Output
Kecerdasan yang ditemukan dalam bentuk konkret dalam kapasitas objek, yaitu Robot. Dalam tahap ini, setiap anak akan berpengetahuan dari apa yang dipraktekkannya sendiri. Dia dapat mempercayai sebuah pelajaran yang mendidiknya menjadi cerdas. Pada akhirnya mempengaruhi prilaku/tindakan mereka terhadap materi-materi pelajaran Robotics selanjutnya.

Development
Keingintahuan untuk mencoba, memberitahukan pengetahuan baru, bahwa setiap hambatan mekanik dan program kontrolnya dapat dipecahkan. Kemampuan untuk memperoleh hal-hal yang baru, sebagai pemahaman akan suatu pengetahuan. Merangsang setiap anak untuk terus menyelesaikan masalah-masalahnya sendiri dan apa yang dipelajarinya.

Dalam Robotics, kognisi dipahami sebagai proses mental. Setiap anak mencoba dan menemukan. Sehingga berpengetahuan. Karena kognisi mencerminkan pemikiran dan tidak dapat diamati secara langsung, kecuali hasil dari apa yang dipraktekkannya.

Penemuan sesuatu yang baru dan kemampuan baru untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ditantangkan pada setiap anak. Di dalam kelas Robotics, tidak dapat diimitasi pada anak-anak lainnya.  Didalam robotics siswa menjadi seorang pemegang control atas pekerjaan yang di kerjakannya dengan membangun sebuah rangkaian bangun benda mekanik yang terkontrol. 

Siswa menerima berbagai varian gerak mekanik didalam sebuah objek. Dia mempelajari output gerak dari apa yang dibangunnya. Menciptakan rangkaian control sesuai keinginannya, sehingga hasil gerak yang dikeluarkan oleh objek mekanik itu. Teratur berdasar perintah. Siswa mempelajari behavior dari gerak mekanik robot yang diciptakannya. Pelajaran yang sangat berharga, dimana siswa memulai suatu proses dari perintah-perintah logic yang keluarannya adalah gerak robot.

Di Kota Harapan Indah terdapat ROBOTICS EDUCATION CENTER yang lokasinya berada di Sentra Niaga 3 Barat Blok B6 No.20 Bulevar Hijau Kota Harapan Indah. Untuk sekedar bertanya-tanya silahkan hubungi 021-98278074 atau 021-93155351 atau bisa juga ke 08888764619.

Untuk menjawab pertanyaan mengapa perlu belajar di Robotics Education Center Harapan Indah... adalah :
  1. REC melengkapi anak dengan cara mengasah motorik halus serta melatih koordinasi mata dan tangan.
  2. REC memiliki kurukulum yang mendukung kemampuan seni ( kreatifitas, imajinasi, desain,estetika ) dan pengembangan sosial, mental dan emosional anak ( kesabaran, ketekunan, komunikasi, percaya diri, kerjasama dalam tim ).
  3. REC memperkenalkan science &  technology ( aplikasi sederhana, struktur dan kekuatan  prinsip kerja, dll )
  4. REC memakai lembar kerja siswa sebagai media untuk memaksimalkan pembelajaran.
  5. REC berorientasi pada implementasi praktis, bukan hanya teori.
  6. REC melatih cara berpikir logis agar anak menjadi problem solver
  7. REC memiliki tempat belajar yang mendukung anak mengembangkan kemampuannya.
  8. REC menyelenggarakan " Jakarta Junior Robotics Competition " (JJRC), serta aktif mengikutsertakan murid dalam kompetisi nasional (IRO) dan kompetisi international (WRO)

Demikian Sekilas INFO semoga bermanfaat ! Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan dan Mohon MAAF lahir dan batin.


>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
Bila dirasa informasi kami ini bermanfaat bagi anda... baik anda sebagai pembaca yang mencari informasi maupun anda sebagai narasumber yang kami promosikan...  Kami atas nama WELL PROJECT management akan berterima kasih bila anda sudi menDONASIkan sebagian rejekinya untuk turut serta mendukung pengembangan SEPUTAR HARAPAN INDAH DOTCOM ini agar menjadi One Stop Information of Harapan Indah City yang bermanfaat bagi banyak orang ! Silahkan KLIK DISINI UNTUK DONASI !

Posting Komentar untuk "Perlunya anak kita belajar Robotics"