Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ROBOTICS® NATIONAL COMPETITION 2013

Wadiabala Seputar Harapan Indah... Robotic kan menggelar event nasional yaitu ROBOTICS® NATIONAL COMPETITION 2013 . Acara yang sangat bergengsi ini akan digelar pada tanggal 12 - 14 April 2013.  Untuk informasi detail tentang even ini silahkan hubungi :  021-98278074 atau 021-93155351 atau bisa juga ke 08888764619. ROBOTICS EDUCATION CENTER lokasinya berada di Sentra Niaga 3 Barat Blok B6 No.20 Bulevar Hijau,  Kota Harapan Indah , Bekasi 17131. 



General Rules for Regular Category

Peraturan kompetisi untuk ROBOTICS® National Competition 2013 dibuat oleh panitia ROBOTICS® National Competition dan hanya berlaku selama kompetisi berlangsung.
  • Dimungkinkan adanya peraturan tambahan, dan akan diumumkan sebelum kompetisi dimulai.

1. Kualifikasi peserta dan susunan tim
a. Umur peserta
ROBOTICS® National Competition memperkenalkan definisi kelompok umur baru yang lebih leluasa. Definisi kelompok umur untuk Regular Category diubah untuk memberikan keleluasaan yang lebih.

  1. Sekolah dasar (SD): Tanggal lahir jatuh pada/atau setelah 1 Januari 2000.
  2. Sekolah menengah pertama (SMP): Tanggal lahir jatuh diantara 1 Januari 1997 hingga 31 Desember 1999. (Jika tanggal lahir jatuh diluar batas diatas, maka tanggal yang dimaksud tidak diijinkan jatuh lebih dari 6 bulan setelah batas tersebut)
  3. Sekolah menengah atas (SMA): Tanggal lahir jatuh diantara 1 Januari 1994 hingga 31 Desember 1996. (Jika tanggal lahir jatuh diluar batas diatas, maka tanggal yang dimaksud tidak diperbolehkan jatuh lebih dari 6 bulan setelah batas tersebut)

CATATAN:
  • Peserta tidak dibatasi pada murid-murid sekolah. Semua anak diijinkan ikut serta sesuai dengan kelompok umur masing-masing.
  • Murid perguruan tinggi dapat ikut serta pada Regular Category jika murid yang bersangkutan masuk dalam umur SMA.

b. Susunan tim
Sebuah tim terdiri dari satu (1) hingga dua (2) murid.
c. Pelatih dapat bekerja dengan lebih dari satu tim; akan tetapi masing-masing tim harus dibantu pengawasan orang dewasa. Orang tersebut dapat berupa asisten pelatih.
Pelatih dapat memberikan saran dan petunjuk sebelum kompetisi, akan tetapi selama kompetisi berlangsung, seluruh persiapan dan pekerjaan harus dilakukan oleh anggota tim.

2. Bahan
  • a. Bahan yang digunakan untuk merakit robot, termasuk pengendalinya, harus dari LEGO® MINDSTORMS® RCX dan/atau LEGO® MINDSTORMS® Education NXT. Hal ini berarti semua nomor produk LEGO MINDSTROMS diijinkan. Tim dapat menggunakan komponen dari beberapa set LEGO MINDSTROMS.
  • b. Setiap tim harus mempersiapkan dan membawa semua perlengkapan, software dan Notebook yang diperlukan selama kompetisi.
  • c. Setiap tim harus membawa komponen yang cukup. Jika terjadi kecelakaan atau kerusakan komponen, maka panitia tidak bertanggung jawab untuk menggantikan komponen tersebut.
  • d. Semua komponen robot harus dalam keadaan tidak terpasang sebelum waktu perakitan/kompetisi dimulai. Contoh, karet ban tidak boleh di pasang ke velg sebelum kompetisi dimulai.
  • e. Tim tidak diijinkan untuk menggunakan panduan, baik berupa tulisan maupun gambar, dalam bentuk apapun (termasuk buku dan gambar digital).
  • f. Peserta dapat menggunakan program yang telah dibuat sebelum kompetisi.
  • g. Robot tidak diijikan menggunakan baut dan mur, lem atau selotip untuk memperkuat komponen.
  • h. Program yang digunakan harus LEGO® MINDSTORMS® Education NXT software (Education version).
  • i. Motor dan sensor yang digunakan adalah dari produk LEGO, seperti yang terdapat pada Figure 1. Produk lain dari pihak ketiga tidak diijinkan. Tim tidak diijinkan untuk mengubah komponen asli (misalnya RCX, NXT, motor, dan sensor, dan sebagainya). Robot yang dibuat dari komponen termodifikasi akan didiskualifikasi.

3. Peraturan tentang robot
  • a. Dimensi maksimum robot sebelum start adalah 250 mm x 250 mm x 250 mm. Setelah start, ukuran robot tidak dibatasi.
  • b. Tim hanya diijinkan menggunakan satu (1) RCX atau NXT.
  • c. Jumlah motor dan sensor tidak dibatasi.
  • d. Tindakan apapun dari peserta tidak diijinkan untuk mempengaruhi atau membantu robot ketika robot sedang berjalan (menjalankan “misi”). Tim yang melanggar peraturan ini akan didiskualifikasi.
  • e. Robot harus bergerak secara otomastis dan menyelesaikan “misi” dengan sendirinya. Segala jenis komunikasi radio, kendali jarak jauh dan menggunakan kabel tidak diijinkan selama robot berjalan. Tim yang melanggar peraturan ini akan didiskualifikasi.
  • f. Jika robot menggunakan kontroler NXT, maka funsgi Bluetooth harus di nonaktifkan dan proses download program harus menggunakan kable USB.
4. Persiapan kompetisi
  • a. Setiap tim harus bersiap-sedia untuk pertandingan pada tempat yang telah ditentukan sebelum waktu pemeriksaan dan komponen robot harus diletakan pada tempat yang telah ditentukan.
  • b. Tim tidak diijinkan menyentuh arena pertandingan sebelum waktu perakitan diumumkan/dimulai.
  • c. Juri akan memeriksa keadaan komponen sebelum kompetisi dimulai. Tim harus memperlihatkan komponen mereka dalam keadaan terpisah. Tim tidak diperkenankan menyentuh komponen dan komputer selama masa pemeriksaan.
  • d. Waktu kompetisi akan dimulai melalui aba-aba dari panitia.
5. Kompetisi
a. Kompetisi untuk Regular Category (Mechanic, Elementary, Junior & Senior) terbagi menjadi 2 sesi. Masing-masing sesi terdiri dari waktu konstruksi dan periode penilaian.
b. Sesi pertama :
  • Pada waktu konstruksi pertama yaitu 90 menit, peserta dapat merakit, memprogram, dan melakukan uji coba sebanyak-banyaknya dari trek yang tersedia.
  • Tim wajib membawa robot mereka ke area pemeriksaan untuk uji coba, dimana robot akan diperiksa sesuai dengan peraturan yang berlaku. Apabila juri menemukan pelanggaran pada robot, tim akan diberikan waktu untuk memperbaiki robot mereka.
c. Sesi kedua :
  • Pada sesi waktu konstruksi kedua yaitu 30 menit untuk merakit, memprogram, melakukan uji coba dan penilaian. Pada waktu 30 menit terakhir tim diwajibkan mengambil penilaian dan tidak dapat melakukan uji coba lagi. (Note : Untuk kategori Junior dan Senior waktu konstruksi sesi kedua adalah 60 menit)
  • Tim wajib membawa robot mereka ke area pemeriksaan untuk uji coba atau pengambilan nilai, dimana robot akan diperiksa sesuai dengan peraturan yang berlaku. Apabila juri menemukan pelanggaran pada robot, tim akan diberikan waktu untuk memperbaiki robot mereka.
  • Pada periode penilaian, masing-masing tim akan diberikan kesempatan sebanyak 3 kali untuk menyelesaikan misi dan mengumpulkan poin (poin terbaik dan waktu tercepat akan diambil sebagai nilai terakhir). Periode penilaian ini sekaligus menjadi akhir dari sesi kedua.
d. Pada masing-masing periode penilaian. Masing-masing tim wajib menandatangani lembar nilai setelah robot mereka selesai mengumpulkan nilai.
e. Masing-masing tim akan diberikan kesempatan untuk pengambilan poin sebanyak 3 kali.
f. Pemenang akan diambil dari poin tertinggi dan waktu tercepat. Jika dua tim memiliki Poin dan Waktu yang sama, peringkat akan ditentukan oleh catatan Waktu tercepat. Jika dua tim memiliki catatan waktu yang sama, apabila masih terjadi kesamaan poin dan waktu maka peringkat akan ditentukan berdasarkan berat robot, robot yang memiliki berat paling ringan adalah pemenangnya.

6. Arena
1. Tim harus membuat robot di area yang telah ditentukan. Orang lain tidak diijinkan masuk kedalam area ini kecuali peserta kompetisi, staf panitia, dan VIP.
2. Seluruh materi dan trek standar yang digunakan akan disediakan oleh panitia pada hari kompetisi.

7. Larangan
  1. Merusak arena kompetisi, material, atau robot tim lain.
  2. Penggunaan benda yang berbahaya atau tindakan yang dapat menyebabkan kekacauan.
  3. Mengucapkan kata-kata yang tidak pantas/tidak sopan kepada tim lain, penonton, juri dan panitia.
  4. Menggunakan telepon selular atau segala bentuk komunikasi dengan atau tanpa kabel, makan atau minum di dalam arena.
  5. Segala bentuk perangkat dan metode komunikasi dilarang selama kompetisi berlangsung. Orang lain yang tidak berkepentingan dengan kompetisi (Pelatih/Orang Tua) dilarang untuk berkomunikasi dengan peserta. Tim yang melanggar peraturan ini akan didiskualifikasi. Apabila komunikasi memang diperlukan, panitia dapat memberikan izin anggota tim untuk berkomunikasi dengan orang lain dibawah pengawasan panitia, atau melalui pertukaran catatan dibawah izin juri.
  6. Situasi lain yang menurut juri dapat menimbulkan gangguan atau pelanggaran terhadap semangat kompetisi.
8. Juri memiliki otoritas penuh selama kompetisi berlangsung. Keputusan juri tidak dapat di ganggu gugat. Meskipun juri melihat video rekaman, keputusan juri tetap tidak dapat diubah.
9. Ketidaksetujuan, komplain, atau banding harus diberitahukan kepada juri sebelum nilai di catat dalam form penilaian (Regular Category).
10. Jika terdapat tim yang tidak setuju dengan keputusan wasit, maka keputusan akhir akan ditentukan oleh kepala Juri. Keputusan akhir tidak dapat diganggu gugat.
11. Jika terdapat tim yang didiskualifikasi oleh juri, robot tim tersebut harus segera meninggalkan kompetisi dan tidak akan mendapatkan nilai pada kompetisi tersebut.
12. Panitia berhak untuk mendiskualifikasikan tim yang melanggar peraturan kompetisi.
13. Jika tim memiliki pendapat atau pertantangan, tim tersebut harus memberitahukan ke pada juri pada saat itu juga. Juri akan segera mengambil keputusan terhadap pendapat atau pertentangan tersebut. Pendapat atau pertentangan yang diajukan setelah kompetisi tidak akan diterima. Jika ada kesalahpahaman terhadap peraturan, maka keputusan terakhir akan diputuskan oleh juri.
14. Apabila terdapat suatu hal yang belum dijelaskan dalam peraturan yang tercantum, maka keputusan akhir akan diumukan pada saat kompetisi. Juri memiliki kuasa penuh dalam menjelaskan dan menetapkan peraturan tersebut.

Demikian sekilas info... bila ada yang kurang jelas bisa langsung menghubungi REC Bekasi di 021-98278074 atau 021-93155351 atau bisa juga ke 08888764619. Semoga bermanfaat !

INFO ini ditulis dan dibagikan oleh : Seputar Harapan Indah [dot] com



Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel kami, bila dirasa informasi ini bermanfaat bagi anda sebagai pembaca yang mencari informasi maupun bagi anda sebagai narasumber yang kami promosikan, kami atas nama WELL PRO management sangat berterima kasih bila anda sudi mentransfer donasi sukarela untuk membantu mengembangkan web kita ini agar semakin bermanfaat dan menjadi saluran berkat bagi banyak orang. Bila hati anda merasa tergerak dan terbeban secara sukarela untuk itu silahkan KLIK DONASI

Thank you for visiting our web


Posting Komentar untuk "ROBOTICS® NATIONAL COMPETITION 2013"