Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahu Tek Surabaya di Jakarta

Pengalaman berburu kuliner khas Surabaya di Seputar Kota Harapan Indah. Beberapa waktu yang lalu kami berkesempatan jalan-jalan bersama dengan salah seorang blogger senior dari Surabaya yang hingga kini masih terus konsisten mengelola www.smartf41z.com 

Sebuah menu makanan yang dikenal dengan nama Tahu Tek menjadi sasaran target kami saat itu. Pada kesempatan terdahulu, pernah juga kami mencicipi kuliner khas Surabaya ini di Harapan Indah namun menurut sang blogger ini ada lagi ditempat lain yang rasanya lebih mantap bahkan lebih enak dari yang Surabaya. Kalimat tersebut tentu membuat penasaran kami untuk segera mencobanya.


Menurut WIKIPEDIA Tahu tek adalah salah satu makanan khas kota Surabaya. Tahu tek terdiri atas tahu goreng setengah matang dan lontong yang dipotong kecil-kecil dengan alat gunting dan garpu untuk memegang tahu atau lontong, kentang goreng, sedikit taoge, dan irisan ketimun dipotong kecil-panjang (seperti acar), lalu setelah disiram dengan bumbu di atasnya, ditaburkan kerupuk udang yang bentuknya kecil dengan diameter sekitar 3 cm.

dari jakarta menuju bekasi sebelum jembatan BKT kiri jalan (malam)

Potongan tahu dan lontong kemudian disiram dengan bumbu yang terbuat dari petis, air matang secukupnya, kacang tanah, cabai, dan bawang putih. Bumbu diulek, yaitu ditumbuk sambil diaduk dengan ulekan dalam cobek cekung besar terbuat dari batu (bentuknya seperti mangkuk besar), sampai bumbu ini harus sangat kental. Petis yang digunakan dianjurkan petis dari Sidoarjo, karena terasa lebih enak dan asli sesuai dari daerah asalnya (Surabaya berbatasan langsung dengan Sidoarjo).

Dinamakan tahu tek karena gunting yang digunakan untuk memotong bahan masakan (tahu, lontong, kentang, dan telur) dibunyikan terus seakan memotong, walaupun bahan makanan telah habis dipotong, sehingga seperti berbunyi tek..tek..tek.

Pada mulanya hidangan ini oleh penjual tahu tek dihidangkan dengan porsi terbanyak adalah tahu goreng setengah matang yang digunting kecil-kecil dan kentang, untuk perkembangan sekarang dalam menghidangkan, si penjual tahu tek memberi lontong yang digunting-gunting kecil sebagai bahan terbanyak untuk satu porsi makanan tahu tek. Tahu tek merupakan makanan yang ditawarkan keliling karena belum pernah ada warung yang menyediakan makanan tahu tek ini.



Dalam beberapa variasi yang ada di Jakarta, penjual tahu tek juga menyediakan tahu telur yang dibuat dengan menggoreng tahunya bersama adonan telur.

Singkat cerita kami dibawa menuju ke arah gerbang Kota Harapan Indah dan keluar menuju ke arah Jakarta. Setelah menyeberang Banjir Kanal Timur sang blogger langsung menunjukkan tempat kuliner tersebut di kanan jalan setelah BKT. Akhirnya kami pun maju dulu untuk balik arah menuju ke tempat sasaran. 

Benar juga... kesan pertama kulihat parkirnya penuh jadi terpaksa parkir agak menjauh di pinggir BKT, biasanya kalau banyak pembeli pasti rasanya enak ! Begitu masuk kami harus berbagi dengan kursi dengan pembeli yang lain mengingat lumayan penuh. 

Kami pesan 2 menu yaitu Tahu Tek dan Tahu Campur. Apa yang dibilang sang blogger SmartF41z memang terbukti benar. Rasa makanannya mantap dan layak untuk kembali lagi dikesempatan lain. Satu porsi dirasa masih kurang namun mau nambah lagi takut kagak habis. Beruntung anak-anak kekenyangan sehingga minta bantuanku untuk menghabiskan Tahu Teknya, jadi kenyang deh :)

Oh ya warung ini buka dari sore hingga malam hari jadi pagi siang tidak buka. Demikian sekilas info semoga bermanfaat !

sumber info : wikipedia



INFO ini ditulis dan dibagikan oleh : Seputar Harapan Indah [dot] com



Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel kami, bila dirasa informasi ini bermanfaat bagi anda sebagai pembaca yang mencari informasi maupun bagi anda sebagai narasumber yang kami promosikan, kami atas nama WELL PRO management sangat berterima kasih bila anda sudi mentransfer donasi sukarela untuk membantu mengembangkan web kita ini agar semakin bermanfaat dan menjadi saluran berkat bagi banyak orang. Bila hati anda merasa tergerak dan terbeban secara sukarela untuk itu silahkan KLIK DONASI

Thank you for visiting our web


Posting Komentar untuk "Tahu Tek Surabaya di Jakarta"