Angkutan Umum Baru di Kota Harapan Indah

Alat transportasi umum saat ini mulai dibenahi mengingat kemacetan Kota Jakarta dan sekitarnya sudah semakin parah. Hal tersebut dipicu karena banyak kendaraan pribadi sementara ruas jalan yang tersedia sudah semakin susah untuk ditambah. Salah satu solusinya adalah mengedepankan angkutan umum. 

Wadiabala Seputar Harapan Indah ... Bagaimana caranya agar masyarakat beralih ke transportasi umum? Tentu saja harus diupayakan agar transportasi umum baik dan nyaman. Secara otomatis masyarakat nanti akan punya pilihan sendiri yang tentunya akan cenderung menggunakan transportasi umum yang ekonomis dan nyaman. 

Lantas bagaimana kondisi transportasi umum kita saat ini?
Di Kota Harapan Indah saat ini sudah ada angkot 30 dan 31 yang melayani rute dari dan ke Bekasi serta Pulo Gadung, ada Bus Primajasa yang melayani Kota Harapan Indah -Bandung PP, Ada Damri yang melayani Kota Harapan Indah-Bandara Soekarno Hatta PP, dan ada Busway.

Terlepas dari semua itu kini di Kota Harapan Indah telah hadir fasilitas transportasi Transjabodetabek , dengan rute perjalanan sebagai berikut :

  • Kota Harapan Indah ( Halte main gate-Pasar Modern-Transera Waterpark )
  • Ujung Menteng - 
  • Cakung - 
  • Perintis Kemerdekaan - 
  • Senen - 
  • Rs.Gatot Subroto - 
  • Pejambon - 
  • Masjid Istiqlal - 
  • Gereja Kathedral - 
  • Pasar Baru, Jakarta Pusat . 

Transjabodetabek ini rencana beroperasi pada tanggal 24 Agustus 2015, namun akhirnya mundur dan baru hari Rabu 26 Agustus 2015 beroperasi (info dari KOMPAS

Informasinya untuk Koridor IV Transjabodetabek yang melayani rute Kota Harapan Indah - Pasar Baru ini akan dilayani 28 armada bus Transjabodetabek yang merupakan bagian dari 88 bus yang disiapkan Perum Pengangkutan Djakarta (PPD) untuk melayani empat rute yang terintegrasi dengan Busway. 




Menurut DETIK dotcom, peluncuran transportasi ini batal di tanggal 24 Agustus 2015 dengan alasan belum siap sehingga jadwalnya mundur. Berikut kutipan dari DETIK :


Jakarta - Bus TransJabodetabek rute Depok-Grogol, Poris Plawad Tangerang-JIExpo Kemayoran dan Harapan Indah Bekasi-Pasar Baru batal mulai beroperasi hari ini. Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) menyebut alasannya belum siap.

"Belum siap katanya. Ya sudah terserah lah kalau belum siap," kata Ahok saat ditanya wartawan perihal batalnya pengoperasian bus yang dioperasikan Perum PPD hari ini di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (24/8/2015).

Selain dari pada itu dijelaskan pula beberapa mekanisme tarif angkutan baru ini sebagai berikut :

Kosasih menegaskan, khusus penumpang yang naik bus TransJabodetabek di sepanjang jalur busway tidak akan dikenakan tarif lagi. Sehingga, penumpang cukup bayar 1 kali di halte seharga Rp 3.500.

Namun apabila penumpang naik bus TransJabodetabek dari pertengahan halte ke tujuan akhir rute tersebut dikenakan 2 kali pembayaran, yakni Rp 3.500 untuk masuk ke dalam halte dan Rp 10 ribu untuk busnya. Sementara jika naik dari halte asal bus TransJabodetabek sampai halte akhir maka penumpang cukup bayar sekali dengan harga Rp 10 ribu saja.

"Penumpang TransJabodetabek yang naik/turun di luar koridor TransJakarta membayar tarif Rp 10 ribu. Penumpang yang transit di dalam koridor TransJakarta tidak ada biaya tambahan," kata dia.

Dari gambar yang diperoleh, dicontohkan untuk rute Depok-Grogol penumpang naik bus TransJabodetabek dari Halte Grogol-UKI dan PGC 1-Grogol cukup bayar Rp 3.500 dan untuk melanjutkan perjalanan sampai Halte Depok atau Halte Grogol (Depok-Grogol, Depok-PGC 1, UKI-Depok dan Grogol-Depok) penumpang harus membayar lagi Rp 10 ribu.

Untuk Halte Poris Plawad Tangerang-JIExpo Kemayoran juga demikian. Penumpang yang naik dari Halte JIExpo Kemayoran hingga halte transit S Parman Podomoro City cukup membayar Rp 3.500.

Lalu untuk melanjutkan perjalanan sampai halte akhir Poris Plawad (Poris Plawad-S Parman Podomoro City, Poris Plawad-JIExpo Kemayoran dan S Parman Podomoro City-Poris Plawad) dikenakan tarif tambahan Rp 10 ribu.

Sementara untuk rute TransJabodetabek dari Harapan Indah Bekasi-Pasar Baru penumpang cukup bayar Rp 3.500 untuk perjalanan dari Halte Pasar Baru sampai Halte Ujung Menteng.

Apabila ingin melanjutkan perjalanan sampai halte akhir Harapan Indah (Harapan Indah-Pasar Baru, Harapan Indah-Ujung Menteng dan Ujung Menteng-Harapan Indah) maka bayar lagi Rp 10 ribu.

Perkembangan terakhir... KOMPAS mengatakan bahwa Bus ini akhirnya beroperasi mulai hari Rabu tanggal 26 Agustus 2015 dan masing masing koridor sementara dilayani oleh 10 armada sebagai uji coba dan melihat animo penumpang.

Demikian sekilas info seputar transportasi di Kota Harapan Indah semoga bermanfaat dan semakin menambah lengkap fasilitas umum di Kota Harapan Indah. Kota Harapan Indah kehidupan lengkap sudah ...

sumber : FB Kota Harapan Indah dan DETIK serta KOMPAS


INFO ini ditulis dan dibagikan oleh : Seputar Harapan Indah [dot] com



Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel kami, bila dirasa informasi ini bermanfaat bagi anda sebagai pembaca yang mencari informasi maupun bagi anda sebagai narasumber yang kami promosikan, kami atas nama WELL PRO management sangat berterima kasih bila anda sudi mentransfer donasi sukarela untuk membantu mengembangkan web kita ini agar semakin bermanfaat dan menjadi saluran berkat bagi banyak orang. Bila hati anda merasa tergerak dan terbeban secara sukarela untuk itu silahkan KLIK DONASI

Thank you for visiting our web


SUKA DENGAN ARTIKEL INFORMATIF SEPERTI INI ?

Silahkan berlangganan Info Seputar Harapan Indah sehingga anda bisa mendapatkan langsung via email anda. Caranya mudah banget dan 100% GRATIS yaitu dengan menulis alamat email anda dibawah ini KLIK Mau Langganan. Jangan lupa dilanjutkan dengan aktivasi berlangganan dengan mengklik link yang dikirimkan ke email anda.

2 Responses to "Angkutan Umum Baru di Kota Harapan Indah"

  1. Saya sudah mencoba bus jurusan HI Pasar Baru, busnya bersih nyaman ber AC dan tiketnya bayar Rp. 9.000,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Antonius Liem naik dari mana? apakah dari halte busway Harapan Indah? Waktu itu ada yang cerita harus bayar 9000 plus bayar tarif busway krn naik dari halte busway... bagaimana dengan pengalaman bapak?

      Hapus

PENTING !
Kami buka kesempatan seluas-luasnya termasuk untuk ANONYMOUS. Namun demikian mohon kepada ANONYMOUS untuk menyebutkan NAMA & LOKASI anda di akhir komentar sebagai bentuk tanggungjawab anda !