Tagihan Listrik Bisa Diakali Dengan Cara Ini

Ada yang pernah mengalami dapat tagihan listrik yang semakin tinggi dari hari ke hari? Lantas pertanyaannya , bagaimana cara agar tagihan tidak banyak tapi kebutuhan listrik tetap terpenuhi?

Banyak diantara kita yang tidak menyadarii bahwa apa yang telah kita lakukan sehari hari perihal kaitannya dengan listrik adalah kurang tepat. Bukan salah hanya kurang tepat. Jadi yang perlu dilakukan bukan mengurangi penggunaan alat listrik namun lebih ke pembinaan sikap kita terhadap cara menggunakan listrik.

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk menghemat listrik di rumah kita.
  • Penghematan bisa dimulai dari pengatur suhu ruangan alias Air Conditioner (AC), karena menurutnya sekitar 50% kebutuhan listrik di rumah biasanya berasal dari AC. Kalau mau hemat jangan begitu menyalakan AC langsung diturunkan suhunya, stabilkan saja di 24 atau 25 °C . Setiap suhu udara diturunkan itu ada tambahan penggunaan listrik sebanyak 6%. Jadi misalnya diturunkan dari 24 ke 18 sekaligus, maka ada tambahan penggunaan 36% daya listrik. Jadi sebaiknya satu jam dibiarkan menyala dulu sebelum ruangannya dipakai. 
  • Peralatan elektronik yang dalam posisi standby, misalnya televisi atau perangkat audio, itu masih memakan listrik hingga 80% dari daya ketika hidup. Waktu standby itu dia masih menyedot listrik, sekitar 80% dari listrik normalnya. Sebaiknya memang dicabut saja colokannya kalau sudah tidak digunakan. Jika repot cabut-mencabut colokan bisa memakai terminal listrik yang ada tombol on/off-nya. Sehingga ketika selesai menonton televisi tinggal ditekan saja. 
  • Colokan lain yang masih memakan listrik ketika tidak dicabut adalah perangkat pengisi daya telepon selular (ponsel) alias charger. Sampai saat ini masih banyak orang yang membiarkan colokan charger terpasang setelah selesai mengisi daya. Charger itu kan isinya kumparan, jadi selama terpasang akan terus memutar listrik di situ. Tanpa HP itu sekitar 30% dari normal daya listriknya. Jadi kalau misalnya colokan 5 ampere, begitu selesai dan tidak dicabut masih ada sekitar 2 ampere yang terus dipakai.
Silahkan pengetahuan sederhana ini dicermati sehingga sikap kita dapat berubah yang akibatnya dapat menurunkan penggunaan listrik di rumah kita. Dengan demikian tagihan listrik pun akan mengikuti semakin murah.


Selain harga listrik memang naik namun dengan pola hidup kita yang didasari kesadaran yang tinggi tentang apa dan bagaimana menggunakan listrik yang baik diharapkan dapat mengurangi tagihan listrik kita. Demikian sekilas info semoga bermanfaat !



INFO ini ditulis dan dibagikan oleh : Seputar Harapan Indah [dot] com



Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel kami, bila dirasa informasi ini bermanfaat bagi anda sebagai pembaca yang mencari informasi maupun bagi anda sebagai narasumber yang kami promosikan, kami atas nama WELL PRO management sangat berterima kasih bila anda sudi mentransfer donasi sukarela untuk membantu mengembangkan web kita ini agar semakin bermanfaat dan menjadi saluran berkat bagi banyak orang. Bila hati anda merasa tergerak dan terbeban secara sukarela untuk itu silahkan KLIK DONASI

Thank you for visiting our web


SUKA DENGAN ARTIKEL INFORMATIF SEPERTI INI ?

Silahkan berlangganan Info Seputar Harapan Indah sehingga anda bisa mendapatkan langsung via email anda. Caranya mudah banget dan 100% GRATIS yaitu dengan menulis alamat email anda dibawah ini KLIK Mau Langganan. Jangan lupa dilanjutkan dengan aktivasi berlangganan dengan mengklik link yang dikirimkan ke email anda.

0 Response to "Tagihan Listrik Bisa Diakali Dengan Cara Ini"

Posting Komentar

PENTING !
Kami buka kesempatan seluas-luasnya termasuk untuk ANONYMOUS. Namun demikian mohon kepada ANONYMOUS untuk menyebutkan NAMA & LOKASI anda di akhir komentar sebagai bentuk tanggungjawab anda !