Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Bermain Musik Bagi Perkembangan Anak

Wadiabala Seputar Harapan Indah ... Apa betul Musik berpengaruh untuk perkembangan anak? Sering kita lihat ibu-ibu hamil pada getol mendengarkan musik klasik untuk janinnya yang masih dalam kandungan.

Bagaimana dan sejauh mana ya pentingnya musik tersebut? Berikut ini kami mencoba menggabungkan dari beberapa sumber di dunia maya yang semoga mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas.

Dalam sebuah pertanyaan yang dilontarkan di Tanyadok.com dijelaskan sebagai berikut :
Pengaruh Musik pada Anak Secara umum, kita sudah mengetahui bahwa anak-anak dari lahir hingga enam tahun merupakan masa emas mereka. Anak-anak sudah dapat memberi tanggapan pada musik. Bahkan pada bayi sudah dapat memberi respon terhadap suara atau melodi dengan frekuensi yang berbeda. Pada masa anak-anak juga merupakan masa dimana mereka belajar mengenai dunia melalui bermain. Mereka akan banyak bersentuhan dengan objek lingkungan dan pengalaman-pengalaman lainnya. Bila musik dihadirkan, maka lingkungan musik yang kaya ini akan memperbanyak pengalaman anak-anak terhadap berbagai hal. Edwin Gordon menemukan bahwa paparan musik pada masa awal kanak-kanak sama halnya dengan kemampuan berbahasa mereka. Ketika mereka sudah mampu untuk mengekspresikan musik mereka maka kemampuan mereka semakin berkembang.
KunciChord-Gitar DOT blogspot DOTcom mengulas hal ini sebagai berikut, manfaat lain bermain musik bagi perkembangan anak yaitu:

Pengembangan Bahasa

Anak yang pernah belajar musik cenderung mempunyai kosakata lebih luas, kemampuan mengidentifikasi dimana kata - kata harus diawali dan diakhiri sehingga berpengaruh saat mereka berbicara, membaca dan memahami bahasa. Ini membantu mereka belajar dan membaca lebih cepat dan memperkaya kosakata.

Perkembangan otak

Penelitian telah menunjukkan bahwa belajar musik pada anak - anak dapat mengembangkan otak mereka, entah itu otak kanan maupun otak kiri. 

Berikut ini adalah Kegunaan otak kiri :

1.Berfikir secara sadar 
2. Bernalar menurut logika
3. Berfikir dengan kata-kata
4. Memilah-milah
5. Menganalisis
6. Mengatur dan mengendalikan emosi

Berikut kegunaan otak kanan:

1. Ketidaksadaran
2. Kreatif, intuitif, melibatkan emosi
3. Berfikir dalam bentuk gambar
4. Melihat keseluruhan
5. Menggabungkan, sintesis
6. Berfikir secara menyeluruh
7. Spontan dan bebas dalam mengekspresikan emosi
8. Senang bekerja dalam team

Perhatian, Fokus dan Daya Ingat

Belajar musik entah itu suara atau alat musik, membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi. Penelitian telah mengungkapkan bahwa orang yang mempunyai pendidikan musik memiliki kemampuan mengingat hal - hal lain bahkan jika otak mereka sibuk ketika melakukan pekerjaan lain.

Emosional dan Kecerdasan Sosial

Bermain dan belajar musik pada anak - anak juga dapat membantu anak untuk mendengarkan dan mengenali nuansa halus dari pengucapan suatu kata sehingga menunjang pemahaman yang lebih baik dari emosi di balik kata - kata yang diucapkan.

Kompetensi Sosial

Seperti telah saya sebutkan sebelumnya, manfaat belajar musik bagi perkembangan anak juga membantu mengembangkan kompetensi sosial dimana mereka akan lebih memahami akan pentingnya kerjasama, membantu orang lain. Ini dapat bermanfaat disaat mereka bekerjasama dalam sebuah tim.

Belajar musik yang bagus dan kami rekomendasikan di Kota Harapan Indah Bekasi ada beberapa tempat antara lain adalah :

EXCELLENT MUSIC SCHOOL
(Certificate International Of Royal ABRSM)
Ruko Bulevar Hijau B2/23 Kota Harapan Indah
Telp. 021-8887 5346/47

Disini ada banyak pilihan antara lain :
  • PIANO
  • BIOLA
  • GITAR KLASIK
  • KEYBOARD
  • GITAR ELEKTRIK
  • DRUM
  • VOKAL
  • BASS
Selain itu tersedia juga BELAJAR MELUKIS
  • CAT MINYAK
  • CRAYON
  • CAT AIR
  • KOMIK JEPANG

Hari ini Excellent Music School berulang tahun yang ke 16, berdiri pada tahun 1999 hingga kini 2015. Selamat Ulang tahun semoga maju terus dan bermanfaat bagi banyak orang. Mr. Pius sukses ya ...

Demikian sekilas info semoga bermanfaat !


INFO ini ditulis dan dibagikan oleh : Seputar Harapan Indah [dot] com



Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel kami, bila dirasa informasi ini bermanfaat bagi anda sebagai pembaca yang mencari informasi maupun bagi anda sebagai narasumber yang kami promosikan, kami atas nama WELL PRO management sangat berterima kasih bila anda sudi mentransfer donasi sukarela untuk membantu mengembangkan web kita ini agar semakin bermanfaat dan menjadi saluran berkat bagi banyak orang. Bila hati anda merasa tergerak dan terbeban secara sukarela untuk itu silahkan KLIK DONASI

Thank you for visiting our web


1 komentar untuk "Manfaat Bermain Musik Bagi Perkembangan Anak"

  1. Selamat Ulang tahun yang ke-16 untuk Excellent Music School ... sukses dan tetap setia dalam pelayanan !

    BalasHapus

PENTING !
Kami buka kesempatan seluas-luasnya termasuk untuk ANONYMOUS. Namun demikian mohon kepada ANONYMOUS untuk menyebutkan NAMA & LOKASI anda di akhir komentar sebagai bentuk tanggungjawab anda !