Puasa Cerdas Bagi Lansia

Wadiabala Seputar Harapan Indah ... tidak terasa bulan puasa sudah bergulir hampir seminggu. Suasana khas di bulan puasa sudah benar-benar sempurna. Ada pedagang tiban saat menjelang berbuka puasa, ada penjual timun suri dimana-mana dan lain sebagainya. Bagi kita yang masih muda dan segar bugar tentu tidak ada banyak masalah dengan kegiatan puasa ini. Lantas bagai mana bagi para lansia yang tetap ingin menjalankan ibadah puasa ini dengan waktu yang penuh sebulan tanpa ada yang bolong-bolong. Berikut ini ada beberapa kiat khusus bagi lansia yang cerdas dalam menjalankan ibadah puasanya.


Agar tetap lancar di dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan dan kesehatan pun masih tetap terjaga maka ada beberapa tips di bawah ini untuk para lansia terapkan : 

BATASI ASUPAN TEH DAN KOPI

Menghindari dua jenis minuman ini, terutama pada saat sahur dikarenakan akan membuat metabolisme berjalan cepat sehingga akan cepat mendatangkan rasa haus meskipun tubuh tidak mengalami dehidrasi

MENGKONSUMSI MAKANAN DENGAN INDEKS GLIKEMIK RENDAH

Sangat dianjurkan sekali untuk mengkonsumsi makanan yang lambat dicerna serta memiliki kadar serat yang tinggi, seperti gandum, padi – padian, kacang – kacangan, biji-bijian dan beras merah.

Gambar hanyalah sebagai ilustrasi belaka | sumber gambar dari Googling

BERBUKA DENGAN KURMA

Mengkonsumsi kurma disaat berbuka puasa sangat dianjurkan karena kurma mengandung kadar gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Sehingga dengan mengkonsumsi buah kurma disaat berbuka puasa maka kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama berpuasa perlahan – lahan akan tergantikan.

MENGURANGI GORENGAN /MAKANAN YANG DIGORENG

Para lansia atau orang yang sudah berusia lanjut akan cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan oleh lemak , seperti jantung, jantung coroner dan hipertensi maka dari itu dengan membatasi atau mengurangi makanan yang digoreng sel lemak dalam tubuh dapat terkontrol.

BANYAK KONSUMSI AIR/JUS BUAH

Agar kebutuhan cairan tubuh tetap terjaga dan aktivitas tetap lancar keesokan harinya maka dianjurkan untuk minum air atau jus buah diantara saat berbuka puasa dan sebelum tidur.

HINDARI / KURANGI TERLALU BANYAK MINUM ES

Di samping mengurangi asupan makanan dengan gizi yang lengkap yang masuk ke dalam tubuh, terlalu banyak minum es juga akan cepat membuat tubuh terasa kenyang.

MAKAN PADA SAAT SAHUR

Agar suplai tenaga tetap terjaga selama berpuasa dan membuat sel – sel tubuh dapat bekerja dengan baik maka sangat dianjurkan untuk makan sahur.

ISTIRAHAT YANG CUKUP

Untuk para lansia pastinya aktivitas sudah terbatas maka dari itu beristirahat di saat berpuasa sangat dianjurkan terutama pada awal siang guna mengumpulkan energi dan terhindar dari panas matahari yang bisa mengakibatkan dehidrasi.

TETAP BEROLAHRAGA

Dengan aktivitas yang terjaga bukan berarti lansia tidak bias berolahraga meskipun sedang berpuasa karena aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran proses peredaran darah dan membakar kalori.

HINDARI MAKAN TERLALU BANYAK

Dengan makan terlalu banyak pada saat berbuka puasa ataupun sahur maka akan mengganggu tubuh dan akan mudah terasa mengantuk saat shalat tarawih. 

Demikian sekilas info semoga bermanfaat !

By Boedz | sumber : googling



INFO ini ditulis dan dibagikan oleh : Seputar Harapan Indah [dot] com



Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel kami, bila dirasa informasi ini bermanfaat bagi anda sebagai pembaca yang mencari informasi maupun bagi anda sebagai narasumber yang kami promosikan, kami atas nama WELL PRO management sangat berterima kasih bila anda sudi mentransfer donasi sukarela untuk membantu mengembangkan web kita ini agar semakin bermanfaat dan menjadi saluran berkat bagi banyak orang. Bila hati anda merasa tergerak dan terbeban secara sukarela untuk itu silahkan KLIK DONASI

Thank you for visiting our web


SUKA DENGAN ARTIKEL INFORMATIF SEPERTI INI ?

Silahkan berlangganan Info Seputar Harapan Indah sehingga anda bisa mendapatkan langsung via email anda. Caranya mudah banget dan 100% GRATIS yaitu dengan menulis alamat email anda dibawah ini KLIK Mau Langganan. Jangan lupa dilanjutkan dengan aktivasi berlangganan dengan mengklik link yang dikirimkan ke email anda.

0 Response to "Puasa Cerdas Bagi Lansia"

Posting Komentar

PENTING !
Kami buka kesempatan seluas-luasnya termasuk untuk ANONYMOUS. Namun demikian mohon kepada ANONYMOUS untuk menyebutkan NAMA & LOKASI anda di akhir komentar sebagai bentuk tanggungjawab anda !