Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan NILA Goreng Pak UGI

Dahsyatnya Ikan Nila Goreng Pak Ugi

Mas Hery Azwan pernah membahas sebuah restoran seru juga. Restoran Ikan Nila Pak Ugi ini terletak di kompleks Harapan Indah. Penuturannya itu sudah lumayan lama banget... namun tidak ada salahnya sebagi pelengkap informasi seputar Harapan Indah.

Menurut penuturan beliau... Lokasi ini dari bundaran yang didesain oleh Nyoman Nuarta, belok kiri sampai ketemu putaran yang lebih kecil. Terus sedikit. Nah di sebelah kiri itulah posisi tepatnya.

Menu yang ditawarkan tidak hanya ikan nila, tetapi juga menu lain seperti ayam, gurame, udang, kepiting, cumi. Bisa dibilang seafood plus plus. Pokoknya segala ada, kecuali rendang, gulai, semur dan makanan serba mie.

Semua menu yang pernah saya coba menampilkan rasa yang khas, berani pedas, berani bumbu. Tumis kangkungnya yang ditaburi irisan cabe rawit membuat mata merem melek menahan pedas. Sayur lalapannya seperti timun, selada, dan kacang panjang, cukup segar.

Setiap pengunjung akan disodori sepiring kecil sambal yang pas, ada manis, asin dan pedas. Sambalnya agak sedikit mentah, tidak matang seperti sambal pecel lele. Sebelum menu utama datang, saya selalu mencocol lalapan ke sambal ini.

Ikan nila, yang menjadi andalan restoran ini, sangat enak jika dimasak dengan saus padang atau saus tiram. Bumbunya sangat meresap. Kalau digoreng sih enak juga. Tergantung selera lah…

Kalau datang malam minggu, kita harus ekstra sabar, karena pengunjungnya membludak. Makanya, kalau mau agak lapang, datang pada sekitar pukul 14 s.d. 16. Kalau di hari biasa sih relatif tidak terlalu ramai.

Yang menambah nikmat barangkali lalat yang berseliweran saat makan siang. Kalau makan malam, lalatnya sudah hilang. Mungkin pengelola restoran selayaknya menyiapkan alat khusus untuk mengusir lalat.

Harga makanan di restoran ini relatif terjangkau. Ayam goreng sekitar Rp 9.000-an, tumis kangkung sekitar Rp 5.000-an. Ikan nila sekitar Rp 13.000-an. ( Harga ini dinilai pada saat itu jadi ada kemungkinan harga sudah berubah)

Belakangan saya tahu kalau Pak Ugi juga ada di Kelapa Gading, tepatnya di Boulevard. Posisi restorannya memang agak nyempil, tidak ngejreng seperti resoran Bakul Tukul.

Dari semua itu, yang paling berkesan adalah kejujuran petugas di restoran tersebut. Saat itu saya makan siang bersama mertua yang sedang berkunjung.

Sekitar pukul 17.00 kami bermaksud pergi ke undangan pernikahan kerabat. Saat itu bapak mertua saya baru menyadari kalau hp-nya hilang. Setelah dicari di mana-mana tidak ketemu baru mertua saya ingat kalau hp-nya ketinggalan di restoran.

Langsung saja saya menelpon ke hp yang hilang tadi dan diangkat oleh salah seorang karyawan restoran. Dia mengatakan kalau hp tersebut disimpan di kasir dan dapat diambil kapan saja. Seketika saya langsung menuju restoran.

Sesampainya di sana saya mendapati hp mertua saya utuh. Mereka juga tidak meminta imbalan tertentu. Keterlaluannya saya, karena terburu-buru mau kondangan, saya lupa memberikan tips kepada karyawan restoran tersebut. Ah, alasan… Dasar pedit…He he..

Begitulah, hari gini ternyata masih banyak orang yang jujur. Jadi, kalau mau makan menu tradisional, saya selalu ke Pak Ugi. Loyalitas saya tidak sekedar pada makanannya, tetapi juga kepada integritas karyawannya. Selamat berlibur…(Hery Azwan)

sumber : Hery Azwan

1 komentar untuk "Ikan NILA Goreng Pak UGI"

PENTING !
Kami buka kesempatan seluas-luasnya termasuk untuk ANONYMOUS. Namun demikian mohon kepada ANONYMOUS untuk menyebutkan NAMA & LOKASI anda di akhir komentar sebagai bentuk tanggungjawab anda !