Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Patung 3 Mojang ternyata dipindah ke JOGJA

Sepertinya ada yang hilang untuk yang kedua kalinya... saat melewati bundaran Sport Club Harapan Indah  di sebelah BNI selalu nampak Patung 3 MOjang yang tertutup terpal biru. Namun kala itu nampak terpalnya terbuka dan ada beberapa orang sedang melakukan sesuatu diatas patung tersebut. Dan kini saat kami lewat di situ ternyata patung 3 Mojang sudah tidak terlihat lagi.

Karena penasaran dan masih ada rasa sedih kehilangan patung icon Kota Harapan Indah itu maka kami mencoba mencari tahu dan bertanya pada Mbah Google... Ternyata Patung 3 Mojang akan di pindah ke JOGJA di pasang di HOtel milik Group Hasana Damai Putra.  Setidaknya untuk melihat Patung 3 Mojang tidak terlalu jauh dari pada ke Bali seperti diberitakan pada artikel kami sebelumnya bahwa Patung tersebut dibeli oleh Gubernur Bali.

Artikel dari BATAVIASE.CO.ID menjelaskan sebagai berikut :

Patung 3 Mojang itu dipotong menjadi delapan bagian oleh delapan pemahat.

Patung Tiga Mojang di Perumahan Kota Harapan Indah, yang diprotes otganisasi kemasyarakatan Islam di Kota Bekasi, segera dipindahkan ke kawasan Ring Road Yogyakarta. Karya seni raksasa buatan pematung kondang, Nyoman Nuarta, itu akan dipasang di hotel berbintang lima grup usaha PT Hasana Damai Putra, pengembang Perumahan Kota Harapan Indah.

"Patung Tiga Mojang akan menjadi ikon hotel itu," kata Direktur Operasional PT Hasana FYedy Yanto kepada Tempo di kantornya kemarin. Menurut dia, patung tembaga yang dibuat dengan biaya Rp 5 miliar tersebut sudah ditawar oleh beberapa calon pembeli, di antaranya pengusaha asal Australia dan Italia. Tapi perusahaannya belum melepas kepada salah satunya dengan alasan nilai estetika Tiga Mojang tak bisa ditakar dengan uang.




Pagi ini rencananya patung Tiga Mojang, yang disimpan di Kota Harapan Indah, dipotong men-jadi delapan bagian untuk mempermudah pengiriman ke Yogyakarta. Nantinya, tiap potongan akan dikemas di dalam kotak kayu. Pemotongan dilakukan oleh Nyoman Nuarta, yang dibantu tujuh pemahat anak didiknya. Peralatan telah didatangkan dari Bandung, seperti sitilin, blender, dan oksigen.

Patung Tiga Mojang, yang tingginya 17 meter, dibongkar pada 19 Juni 2010 dinihari olehaparat pemerintah atas perintah Wah Kota Bekasi Mochtar Mohamad. Menurut dia, patung didirikan tanpa izin. Sebelumnya, pada 14 Mei 2010, sebanyak 13 ormas Islam yang tergabung dalam Front Anti-Pemurtadan Kota Bekasi pun berunjuk rasa menuntut patung Tiga Mojang dihancurkan berdasarkan alasan agama. Mochtar menyatakan Majelis Ulama Indonesia Bekasi juga mengirim surat meminta patungitu dibongkar dengan alasan menyalahi sejarah pendirian Kota Bekasi.

Patung itu mengeksplorasi budaya Priangan, yakni tiga gadis memakai kemben yang berdiri berjajar. Patung Tiga Mojang terbuat dari tembaga asal Jepang dipadu kuningan dari Jerman. Dibuat selama sekitar 6 bulan yang idenya murni dari Nyoman Nuarta, yang juga pemahat patung spektakuler Garuda Wisnu Kencana di Bali.

Sebelumnya, Nyoman meneliti adat-istiadat masyarakat. Tiga wanita dimaknai sebagai penyambut tamu di gerbang Kota Harapan Indah. Seperti kebiasaan di Priangan, perempuan sebagai menyambut tamu. Dibuat tiga perempuan karena terdapat tiga ruas jalan di lokasi patung. "Awalnya patung itu dijadikan ikon Kota Harapan Indah," ucap Fredy. Selama hampir 3 tahun berdiri, patung tersebut banyak mendapat apresiasi. Para pegiat film sering mengirim surat izin pemotretan di lokasi patung Tiga Mojang. Pada malam hari, warga Kota Bekasi bebas menikmati keindahan patung itu.


sumber : Bataviase

====================
Artikel ini ditayangkan oleh "Seputar Harapan Indah"



  • Kami berangkat dengan niat yang baik, kami ingin semua pihak tidak ada yang dirugikan... bahkan kami mencoba menguntungkan semua pihak. Satu sisi di promosikan dan disisi lain mendapatkan informasi yang bernanfaat.
  • Bila ada pihak pihak yang keberatan akan artikel kami ... Mohon segera hubungi kami dan kami akan merevisi atau bahkan menghapusnya. Namun sebaliknya bila ada pihak pihak yang merasa artikel kami kurang lengkap dan anda bermaksud melengkapinya maupun meng update, silahkan hubungi kami  via menu CONTACT atau menambah langsung melalui kolom komentar dibawah ini ! 
  • Apabila para pengunjung merasa web ini bermanfaat dan ingin membantu mengembangkannya... dengan senang hati kami menerima DONASI anda via rekening BCA kami 5210.510.500 a/n Herybertus Wahyu Widodo
  • Web ini didukung penuh oleh TURTLE 3 Broadband Network, penyedia internet handal di Seputar Harapan Indah

Posting Komentar untuk "Patung 3 Mojang ternyata dipindah ke JOGJA"