Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seputar Harapan Indah.co.cc dukung JOGJA tetap Istimewa


Berbagai dukungan terhadap Keistimewaan Yogyakarta terus bergulir, dari berbagai kalangan seperti :


Seputar Harapan Indah yang notabene dikelola oleh Wong Ngayogyakarta Hadiningrat turut serta mendukung keistimewaan Yogyakarta. Seperti halnya lagunya Katon Bagaskara... "Kau mainkan untukku sebuah lagu tentang neg'ri di awan dimana kedamaian menjadi istananya dan kini tengah kau bawa aku menuju kesana"  Jogya itu terlalu indah (seharusnya) gak di taruh di bumi, tapi di awan (langit).... Biarlah kedamaian di Jogja mengalir sesuai budayanya ... jangan di usik untuk mengalihkan isu !!!


REPUBLIKA.CO.ID juga membahas hal tersebut sebagai berikut:

Dukungan masyarakat Yogyakarta terhadap penetapan Raja Kraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai Gubernur DIY selanjutnya terus mengalir dari berbagai elemen masyarakat Yogyakarta. Para perangkat desa yang bergabung dalam Parade Nusantara Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan dukungannya terhadap penetapan Sultan sebagai Gubernur dan Sri Pakualam IX sebagai Wakilnya.

Kepala Penelitan dan Pengembangan, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Parade Nusantara, Rustam Fatoni mengatakan, dalam UUD 1945 khususnya pasal 18 sudah menyatakan dengan jelas bahwa penetapan Gubernur DIY dan Wakil GUbernur di DIY dilakukan pada Raja Kasultanan dan Pakualam yang bertahta saat itu.

"Ini sudah jelas sehingga tidak perlu lagi dipertentangkan apakah monarkhi atau tidak. UUD sudah menjelaskan itu," terangnya, Selasa (30/11).

Menurutnya, pemerintah pusat (SBY) tidak paham dengan keberadaan kraton Yogyakarta dan sejarah DIY sendiri, sehingga menyatakan penetapan Sultan sebagai sebuah bentuk monarki di Indonesia. Padahal kata dia, ini adalah bentuk demokrasi yang ada di DIY sejak keberadaan Kraton Yogyakarta bahkan sebelum Kraton Yogyakarta bergabung dibawah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Karenanya, kata dia, jika pemerintah pusat masih bersikukuh pada pendapatnya maka pihaknya tidak akan segan-segan bersama seluruh masyarakat Yogyakarta bergerak memperjuangkan penetapan tersebut.

Dukungan yang sama terhadap Sultan juga dilakukan oleh Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (APDESI) DIY. Ketua APDESI DIY, Wisnu Aji Surya Prabowo mengatakan keberadaan keraton Yogyakarta bukanlah monarki. Peran keraton merupakan lambang budaya bagi masyarakat DIY.
"Jika ini diganggu maka masyarakat DIY akan marah karena ini adalah bagian dari budaya, identitas," tegasnya.

Puluhan seniman yang tergabung dalam Forum Komunikasi Seniman Tradisi Yogyakarta di Taman Budaya juga menyatakan dukungannya terhadap penetapan Sultan sebagai Gubernur dan Pakualam sebagai wakilnya. Para seniman juga menolak statment Presiden SBY jika Yogyakarta menganut sistem monarki.

"Kami jelas menolak istilah monarki yang diungkap oleh presiden, Yogyakarta sudah demokratis sebelum bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Wisben Antoro, koordinator seniman.

Untuk mendukung Sultan sendiri para seniman tersebut menggelar seni jalanan. Para seniman ini juga siap ke Jakarta dan menyatakan dukungannya terhadap Sultan. "Demokrasi kami berlandaskan budaya bukan berlandaskan politik yang memecah belah. Yogyakarta selalu damai tidak ada perpecahan karena dasarnya budaya. Kraton adalah bagian dari budaya," tegasnya.



====================
Artikel ini ditayangkan oleh "Seputar Harapan Indah"
  • Kami berangkat dengan niat yang baik, kami ingin semua pihak tidak ada yang dirugikan... bahkan kami mencoba menguntungkan semua pihak. Satu sisi di promosikan dan disisi lain mendapatkan informasi yang bernanfaat.
  • Bila ada pihak pihak yang keberatan akan artikel kami ... Mohon segera hubungi kami dan kami akan merevisi atau bahkan menghapusnya. Namun sebaliknya bila ada pihak pihak yang merasa artikel kami kurang lengkap dan anda bermaksud melengkapinya maupun meng update, silahkan hubungi kami  via menu CONTACT atau menambah langsung melalui kolom komentar dibawah ini ! 
  • Apabila para pengunjung merasa web ini bermanfaat dan ingin membantu mengembangkannya... dengan senang hati kami menerima DONASI anda via rekening BCA kami 5210.510.500 a/n Herybertus Wahyu Widodo
  • Web ini didukung penuh oleh TURTLE 3 Broadband Network, penyedia internet handal di Seputar Harapan Indah

Posting Komentar untuk "Seputar Harapan Indah.co.cc dukung JOGJA tetap Istimewa"