Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Jalan Romo Pujo !

Keluarga Besar Seputar Harapan Indah DOTcom dan WELL PRO management turut bela sungkawa atas meninggalnya Bapa Uskup Keuskupan Agung Semarang, Mgr Johannes Pujasumarta (Selasa, 10 Nov 2015 pk 23.35 di RS Elisabeth Semarang)

Wadiabala Seputar Harapan Indah... Sebagai ungkapan hormat dan terima kasih atas pelayanan beliau bersama ini kami coba sampaikan ulasan mengenai beliau.

Beliau msh kerabat dekat dr kadipaten Paku Alaman. Dari kerabat Puro Pakualaman inilah, Gereja Katolik mendapatkan hibah tanah dan berdirilah.Gereja Bintaran.

Tercatat pula dari kerabat kadipaten Pakualaman, selain menjadi pendiri organisasi Wanita Katolik (WKRI) RA Maria Soelastri Sasraningrat (yg dimakamkan di gua Maria Ambarawa) juga suster jawa pertama berasal dari Jogja dan merupakan kerabat Puro Pakualaman.

Begitu pula ki Hajar dewantoro, yang moderat dan netral, sekaligus tokoh pendidikan berasal dari Puro Pakualaman.


Hal ini berkat usaha Rm Van lith SJ, dalam memperkenalkan Tuhan Yesus dikalangan keluarga kadipaten Pakualaman. Mgr. Johannes Maria Trilaksyanta Pujasumarta lahir di Surakarta, 27 Desember 1949. Ia adalah putra ketiga (dari sembilan bersaudara) dari pasangan Hubertus Soekarto Pudjasumarto dan Agnes Soekarti Pudjasumarto. Salah seorang kakaknya juga menjadi imam, yaitu Pastor Ignatius Ismartono SJ.

Mengawali pendidikan imamatnya di Seminari Menengah Mertoyudan, Magelang pada tahun 1963. Selepas lulus dari Seminari Menengah Mertoyudan, Romo Puja kemudian meneruskan pendidikan imamatnya ke Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan Yogyakarta dari tahun 1970 hingga ditahbiskan menjadi imam tanggal 25 Januari 1977.

Tahun 1983 - 1987, melanjutkan studi Teologi Spiritual di Universitas St. Thomas Aquinas, Roma, Italia (Licentiate in Spiritual Theology: 1983 – 1985); (Doctorate in Spiritual Theology: 1985 – 1987)

Tahun 1998 diangkat menjadi Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Semarang. Tanggal 17 Mei 2008, ditunjuk sebagai Uskup Keuskupan Bandung oleh Paus Benediktus XVI. Pada 16 Juli 2008, ia ditahbiskan oleh Penahbis Utama, Uskup Agung Jakarta, Julius Kardinal Darmaatmadja, bersama dengan Uskup Agung Semarang, Mgr. Ignatius Suharyo dan Nuncio Apostolik untuk Indonesia, Mgr. Leopoldo Girelli yang bertindak sebagai Uskup Konsekrator.

Mgr. Puja berkarya menjadi gembala di Keuskupan Bandung sampai tahun 2010. Pada 12 November 2010 ditunjuk sebagai Uskup Agung Semarang oleh Paus Benediktus XVI.

Pada tanggal 25 Agustus 2014, Mgr. Pujasumarta menjadi Uskup ko-konsekrator dalam pentahbisan Uskup Bandung, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, O.S.C. bersama dengan Uskup Bogor, Mgr. Paskalis  Bruno Syukur, O.F.M. Dalam pentahbisan ini, Mgr. Ignatius Suharyo, Uskup Agung Jakarta yang sebelumnya menjadi Administrator Apostolik Keuskupan Bandung, menjadi Uskup Penahbis Utama.

Demikian sekilas mengenai Mgr Johannes Pujasumarta , semoga damai di surga.


INFO ini ditulis dan dibagikan oleh : Seputar Harapan Indah [dot] com



Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel kami, bila dirasa informasi ini bermanfaat bagi anda sebagai pembaca yang mencari informasi maupun bagi anda sebagai narasumber yang kami promosikan, kami atas nama WELL PRO management sangat berterima kasih bila anda sudi mentransfer donasi sukarela untuk membantu mengembangkan web kita ini agar semakin bermanfaat dan menjadi saluran berkat bagi banyak orang. Bila hati anda merasa tergerak dan terbeban secara sukarela untuk itu silahkan KLIK DONASI

Thank you for visiting our web


1 komentar untuk "Selamat Jalan Romo Pujo !"

PENTING !
Kami buka kesempatan seluas-luasnya termasuk untuk ANONYMOUS. Namun demikian mohon kepada ANONYMOUS untuk menyebutkan NAMA & LOKASI anda di akhir komentar sebagai bentuk tanggungjawab anda !