Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek Ini Dulu Sebelum Rental Mobil Untuk Mudik

Wadiabala Seputar Harapan Indah.... ritual mudik lebaran sudah diujung pelupuk mata artinya semua tinggal nunggu aba-aba untuk start. Mau naik kereta api sudah tidak kebagian tiket, naik pesawat mahal banget, lantas apa solusinya?

Naik mobil walau pasti jalanan macet namun semakin lama kena macet sebagian orang malah bangga menceritakan bahwa beliau kena macet lebih lama dari pada yang lain. Aneh kan? Mungkin naik kendaran merupakan solusi namun kalau kita tidak punya mobil bagaimana? Mau beli tidak ada anggaran untuk beli mobil. Kalau begitu sewa mobil saja toh sekarang banyak penyedia jasa rental mobil.


Namun mohon berhati-hati... Hal yang perlu dilakukan saat memilih mobil sewaan untuk mudik tentu dengan melakukan pengecekan dan pemeriksaan awal dengan teliti. 
  1. Langkah pertama adalah dengan melakukan pengecekan terhadap malfunction indicator lamp yang terlihat pada panel indikator pengendara. Caranya cukup mudah, putar kunci kontak ke posisi ON maka semua lampu indikator pada dashboard akan menyala. Setelah beberapa saat, jika ada lampu yang berkedip maka dipastikan ada gangguan atau masalah pada bagian tersebut.
  2. Selanjutnya tentu memeriksa semua fungsi kelistrikan pada kendaraan. Caranya dengan menyalakan semua fungsi lampu dan alat elektronik lain seperti lampu utama jauh dan dekat, lampu hazard, lampu kabut, lampu kabin, power window, central lock, wiper, AC, radio dan perangkat hiburan. Saat melakukan pengujian, pastikan anda mengecek secara langsung lampu-lampu tersebut untuk memastikan lampu benar-benar menyala. Jangan hanya mengandalkan dari panel indikator saja.
  3. Setelah itu, mulai melakukan pemeriksaan untuk bagian bawah kap mesin. Umumnya yang dilakukan adalah mengecek kondisi oli mesin dan juga batas level oli yang ada, melihat cairan radiator apakah dalam kondisi normal, air wiper dan juga kondisi aki mobil. Jika mobil yang anda sewa adalah mobil bertransmisi otomatis, maka cek pula kondisi oli transmisi. Periksa semua dengan teliti, termasuk soket kelistrikan yang ada di ruang mesin.
  4. Jika anda ingin merasa nyaman dan merasa perlu, maka pastikan AC mobil juga dala kondisi yang prima. Caranya tentu dengan menghidupkan mesin dan AC mobil selama beberapa waktu untuk mengetahui apakah AC mobil cukup terasa dingin. Jika dirasa kurang, lakukan pemeriksaan untuk kemungkinan kebocoran freon atau juga kerusakan pada kipas pendingin. Untuk masalah pada kipas pendingin, biasanya terlihat pada indikator temperatur yang tidak stabil saat mesin dan AC dihidupkan.
Para wadiabala Seputar harapan Indah jangan lupa ... mintalah untuk menguji jalan mobil tersebut untuk mengetahui kondisi kaki-kaki mobil. Walau umumnya, mobil yang disewakan memiliki tahun produksi yang relatif masih  muda. Jadi mustinya tidak ada masalah pada kaki-kaki. Namun demikiantidak ada salahnya melakukan pemeriksaan untuk menjaga hal yang tidak diinginkan dan menjaga kenyamanan serta keamanan mudik anda. Demikian sekilas tips cara cerdas rental mobil untuk mudik lebaran, semoga bermanfaat !

by Wiwied | referensi : Asapmobil.com


INFO ini ditulis dan dibagikan oleh : Seputar Harapan Indah [dot] com



Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel kami, bila dirasa informasi ini bermanfaat bagi anda sebagai pembaca yang mencari informasi maupun bagi anda sebagai narasumber yang kami promosikan, kami atas nama WELL PRO management sangat berterima kasih bila anda sudi mentransfer donasi sukarela untuk membantu mengembangkan web kita ini agar semakin bermanfaat dan menjadi saluran berkat bagi banyak orang. Bila hati anda merasa tergerak dan terbeban secara sukarela untuk itu silahkan KLIK DONASI

Thank you for visiting our web


Posting Komentar untuk "Cek Ini Dulu Sebelum Rental Mobil Untuk Mudik"