Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MANFAAT PUASA UNTUK KESEHATAN

Wadiabala Seputar Harapan Indah ... Pada saat tubuh sedang dalam keadaan kelaparan, maka tubuh mulai membakar lemak yang dapat menjadi energi sehingga berat badan pun bisa menjadi turun, tapi lapar karena puasa bukan berarti kesempatan buat nurunin badan lho he.he.. tetap harus dengan niat ibadah menjalankan perintah-Nya. 

Puasa di bulan Ramadhan disamping bernilai ibadah ada juga manfaatnya bagi tubuh kita.Tapi kalau puasa terlalu lama tubuh justru akan memecah protein otot sebagai energi dan tentunya ini tidaklah sehat kalau puasa ramadhan kan kita paling lama 12-14 jam itupun udah kaya ga makan satu minggu he.he..tapi klu sudah niat yang namanya puasa itu wajib kalau kita ikhlas dan sabar pasti akan mendapat nikmat yang luar biasa dan tentunya pasti mendapat pahala.

Kembali ke “ manfaat puasa untuk kesehatan” ternyata puasa di bulan Ramadhan bisa mendatangkan manfaat kesehatan untuk tubuh kita, kok bisa ya…? Karena dengan perubahan tubuh yang terjadi selama kita berpuasa di bulan ramadhan (puasanya dilakukan secara konsisten selama sebulan penuh dengan lama waktu tertentu pula yaitu dari subuh hingga maghrib ) akan terjadi pergantian energi yang tadinya tubuh menggunakan glukosa sebagai sumber energy utama digantikan oleh lemak dan mencegah pemecahan protein otot, sehingga dengan berfungsinya lemak sebagai sumber energy akan membantu pengurangan berat badan nah jadi itulah alasannya kenapa kalau kita puasa berat badan kita bisa berkurang…tapi ada juga lho yang berat badannya yang stabil malah banyak juga yang abis puasa malah badannya “ bengkak” he.he….


Balik lagi ya ke fungsi lemak yang menjadi sumber energy utama, ototpun akan terjaga akhirnya akan mengurangi kadar kolesterol dan sebagai tambahan lagi dengan berat badan yang turun maka membuat diabetes semakin terkontrol dan juga bisa mengurangi tekanan darah rendah. Disamping itu ada lagi manfaat lainnya, selama berpuasa di dalam tubuh juga akan terjadi proses detoksifikasi dimana berbagai racun yang tersimpan di jaringan lemak akan terpecah dan dibuang dari tubuh. 

Nah ini yang terakhir dengan puasa juga terutama setelah beberapa hari berjalan kadar endorphin muncul dalam darah yang akan membuat kita menjadi lebih waspada, sekaligus mempengaruhi kesehatan mental.Tapi sebenarnya endorphin itu apa ya..jadi za endorphin itu adalah senyawa kimia yang bisa membuat seseorang merasa senang dan berfungsi untuk kekebalan tubuh, dengan adanya perasaan senang dan nyaman maka akan membuat seseorang berenergi. Nah jadi ga ada alasan lagi ya puasa bikin kita malas dan gak semangat justru dengan berpuasa kita bisa menjadi lebih sehat dan berenergi.

Demikian sekilas info semoba bemanfaat !

by Budi Santoso dari berbagai sumber.


INFO ini ditulis dan dibagikan oleh : Seputar Harapan Indah [dot] com



Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel kami, bila dirasa informasi ini bermanfaat bagi anda sebagai pembaca yang mencari informasi maupun bagi anda sebagai narasumber yang kami promosikan, kami atas nama WELL PRO management sangat berterima kasih bila anda sudi mentransfer donasi sukarela untuk membantu mengembangkan web kita ini agar semakin bermanfaat dan menjadi saluran berkat bagi banyak orang. Bila hati anda merasa tergerak dan terbeban secara sukarela untuk itu silahkan KLIK DONASI

Thank you for visiting our web


Posting Komentar untuk "MANFAAT PUASA UNTUK KESEHATAN "