Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BANK SAMPAH DI KOTA HARAPAN INDAH DILUNCURKAN

Wadiabala Seputar Harapan Indah ... salah satu ide warga yang bisa kita kembangkan adalah Bank Sampah.

Tepatnya di Duta Bumi Sektor 1, Kota Harapan Indah, Bekasi. Semakin meningkatnya kapasitas sampah rumah tangga yang diproduksi masyarakat dan ditambah semakin berkurangnya kapasitas Tempat Pembuangan Akhir (SPA) sampah Bantar Gebang mendorong berbagai pihak untuk melakukan berbagai cara pengurangan dan pengelolaan sampah. Prinsip reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang) menjadi prinsip utama dalam pengelolaan sampah. 

Berdasarkan kepentingan itulah, Perumahan Duta Bumi 1 Kota Harapan Indah yang secara administratif berlokasi di RW 028 Kelurahan Pejuang meresmikan berdirinya Bank Sampah warga pada hari Sabtu, 17 Desember 2016. Bank Sampah yang dinamakan Bank Sampah Rajawali 28 diharapkan mampu setidaknya mengurangi beban timbunan sampah ke TPA Bantar Gebang yang semakin meningkat setiap harinya. 

Tim melayani calon nasabah

Menurut Endah Susanti, Direktur Bank Sampah Rajawali 28, Bank Sampah ini didirikan atas inisiatif warga. Mereka melihat perlunya pemanfaatan sampah dari sisi ekonomi karena nilai jual barang bekas yang lumayan. Warga berharap barang-barang yang tidak terpakai lagi di rumah masih bisa dijual sehingga tidak mubazir. Program ini lalu didukung penuh oleh Pengurus RW hingga akhirnya jadilah peluncuran perdana Bank Sampah Rajawali 28.



Ketua RW 028, Akbar Zainudin, selaku penanggung jawab bank sampah ini mengatakan bahwa keberadaan Bank Sampah diharapkan mampu membawa kebiasaan baru bagi warga untuk hidup lebih bersih, memanfaatkan barang bekas yang sudah tidak terpakai dan mengolahnya menjadi barang yang bernilai. Di samping itu, bank sampah ini diharapkan menjadi wadah pemersatu bagi warga, khususnya warga perkotaan yang sulit punya banyak waktu untuk bertemu. 

penimbangan perdana

Tim Rajawali 28 bersama Pak RW dan pak Arif dari Sie Ekonomi Kelurahan pejuang

Bank sampah Rajawali 28 diresmikan oleh Bapak Lurah Pejuang yang diwakili oleh Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan Bapak Arif. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa Pemerintah mendukung penuh program Bank Sampah ini dengan memberikan bantuan modal bagi setiap bank sampah mulai tahun 2017. 

Antusias warga RW 028

Proses transaksi bank sampah sendiri sebenarnya tidak terlalu rumit. Warga memilih sampah-sampah yang akan dijual (sementara ini berbentuk sampah anorganik). Setelah itu satu bulan sekali diadakan penimbangan dan penjualan. Mengapa dinamakan bank karena memang bank sampah ini seperti bank pada umumnya. Hasil penjualan warga kemudian dicatat dalam buku tabungan. Uang yang terkumpul bisa dilihat dari buku tabungan yang disimpan oleh warga. Bank sampah kemudian menjual lagi sampah yang sudah terkumpul ini kepada pengepul untuk kemudian didaur ulang atau dibuat berbagai kerajinan. 

Dalam transaksi perdana pada saat peluncuran, sampah yang berhasil dikumpulkan dari warga berjumlah sekitar 550 kg, dengan 34 orang yang melakukan transaksi. Nilai sampah yang ditransaksikan sekitar Rp 600 ribu. Sebuah awal yang baik karena partisipasi warga cukup banyak dan terlihat mereka sangat antusias mengikuti program ini. Diharapkan program ini bisa terus berjalan dan memberikan sumbangsih bagi kebersihan Kota Bekasi pada umumnya. 

Untuk Informasi Lebih Lanjut, silakan menghubungi  AKBAR ZAINUDIN  Ketua RW 028  HP: 085711956118  Email: akbar.zainudin@gmail.com

Demikian sekilas info tentang Bank Sampah di Kota Harapan Indah, semoga bermanfaat !


INFO ini ditulis dan dibagikan oleh : Seputar Harapan Indah [dot] com



Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel kami, bila dirasa informasi ini bermanfaat bagi anda sebagai pembaca yang mencari informasi maupun bagi anda sebagai narasumber yang kami promosikan, kami atas nama WELL PRO management sangat berterima kasih bila anda sudi mentransfer donasi sukarela untuk membantu mengembangkan web kita ini agar semakin bermanfaat dan menjadi saluran berkat bagi banyak orang. Bila hati anda merasa tergerak dan terbeban secara sukarela untuk itu silahkan KLIK DONASI

Thank you for visiting our web


Posting Komentar untuk "BANK SAMPAH DI KOTA HARAPAN INDAH DILUNCURKAN"