Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simulasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Adaptasi Tatanan Hidup Baru Sekolah Tunas Harapan Nusantara Bersama PT Teknika Solusindo Utama

Sekolah Tunas Harapan Nusantara yang berdomisili di Jalan Anggrek XIII-XV Kota Harapan Indah dalam masa pandemi telah melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) di Tahun Ajaran 2021/2022 dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft Teams sehingga proses belajar mengajar (PBM) dapat dilakukan secara sinkronus dimana guru tidak hanya memberikan tugas namun berinteraksi dengan siswa dalam waktu yang bersamaan bahkan proses pembelajaran direkam sehingga siswa dapat belajar mandiri berulang-ulang dan dapat meningkatkan ketercapaian indikator dalam pembelajaran. Kesan yang timbul bagi orangtua adalah walau PJJ namun Sekolah Tunas Harapan Nusantara tidak menurunkan kualitas sehingga tidak jauh berbeda dengan Pertemuan Tatap Muka (PTM). Ditambah lagi, orangtua bersyukur karena selama Pandemi dan PJJ, Yayasan Tunas Harapan Nusantara memberikan kepedulian dengan memberikan keringan uang SPP sebesar 10%.



Dinas Pendidikan Kota Bekasi telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 421/2624/Disdik.set/III/2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Adaptasi Tatanan Hidup Baru Satuan Pendidikan di Kota Bekasi. Sekolah Tunas Harapan Nusantara sebagai salah satu satuan Pendidikan di Kota Bekasi berupaya untuk dapat mengimplementasikan Surat Edaran tersebut sehingga dapat melaksanakan Pembelajaran tatap muka terbatas dengan adaptasi tatanan hidup baru. Tentu saja prioritas utama adalah guru dan siswa terjamin dalam kesehatan dan keamanan sehingga tidak terpapar dengan virus corona. Disisi lain, psikosial siswa, yaitu hubungan dinamis antara faktor psisik dan sosial sebagai dampak PJJ dari Maret 2020 sampai dengan sekarang menjadi pertimbangan penting yang harus diperhatikan.

Oleh karena itu, pada hari Jumat, 23 April 2021 Sekolah Tunas Harapan Nusantara bekerjasama dengan PT Teknika Solusindo Utama untuk melaksanakan Simulasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dengan Adaptasi Tatanan Hidup Baru.

PT Teknika Solusindo Utama membantu Sekolah Tunas Harapan Nusantara dalam pembasmian virus baik pada permukaan benda (surface) dan airbone. Metode ini sudah banyak digunakan sehingga tidak menimbulkan cluster baru. Hal ini dapat terjadi karena system yang dikerjakan menahan jumlah virus (viral load) yang masuk ke dalam tubuh tidak cukup untuk membuat sakit. Adapun system yang dilakukan adalah:

1. Pembersihan virus pada semua peserta anak didik, guru dan karyawan serta barang barang yang dibawa dari luar ketika memasuki area sekolah, baik itu pada pakaian, tas dan benda lainnya. Alat yang digunakan menghasilkan partikel yang sama dengan ukuran virus (Nano) dan tidak basah atau berbekas saat di gunakan. Sesampainya di sekolah, para guru, orang tua dan siswa mengikuti prokes mulai dari mengukur suhu, cuci tangan dengan benar, sterilisasi tubuh, penguapan, dan anak-anak masuk ke kelas dengan mengikuti jalur yang telah ditentukan. Proses belajar mengajar dilakukan dengan hybrid learning sehingga siswa yang mengikuti PTM dan PJJ dapat terlayani dengan baik. Pada jam istirahat, anak tetap di dalam kelas. Mereka memakan bekal yang dibawa dari rumah masing-masing. Selesai istirahat, anak-anak melanjutkan pembelajaran.

2. Box steril disiapkan untuk membasmi virus yang ada pada dokumen/ barang dari luar sekolah. Diharapkan semua virus akan terbunuh dan tidak terbawa kedalam lingkungan sekolah.

3. Disinfeksi setiap pergantian kelas, dengan alat dan bahan yang sudah teruji dan aman. Disinfeksi pada setiap awal dan akhir kegiatan belajar mengajar di kelas, agar ruangan tetap steril saat di tinggalkan. Meja dan kursi sudah diberi jarak 1,5 meter.

4. Memonitor suhu dan temperature ruangan untuk memastikan virus menjadi in-aktif pada ruangan yang menggunakan pendingin ruangan (AC)/ tidak ada ventilasi.

5. People tracing dengan scan qrcode menggunakan smartphone dilakukan siswa yang dapat juga menjadi presensi.

6. Setelah pembelajaran selesai, anak-anak dijemput oleh orang tua. Selanjutnya, area sekolah pun disterilisasi kembali oleh petugas agar tetap bersih dan bebas dari virus corona.

























Tentunya Tatap Muka Terbatas dengan Adaptasi Tatanan Hidup Baru dapat terlaksana bila ada Kerjasama yang baik antara Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Dinas Kesehatan Kota Bekasi, PT Teknika Solusindo Utama, Sekolah Tunas Harapan Nusantara dan juga orangtua sehingga Proses Belajar Mengajar dapat terlaksana dengan maksimal.

Info ini ditulis dan dibagikan oleh Seputar Harapan Indah dot com

Posting Komentar untuk "Simulasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Adaptasi Tatanan Hidup Baru Sekolah Tunas Harapan Nusantara Bersama PT Teknika Solusindo Utama"