Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Dalam Memilih Kamar Kost

Hidup mandiri dimulai ketika kamu nge-kost atau ngontrak. Bukan hanya uang dan makanan tapi kamu juga harus menghadapi masalah tempat tinggal. Apalagi yang baru saja mulai nge-kost, pasti di awal kamu merasa kebingungan ketika harus memilih kost. Ya, memang sih memilih kost-kostan itu gampang-gampang susah.

Walaupun pilihannya beragam mulai dari yang harganya mahal sampai murah. Sebenarnya banyak yang harus kamu perhatikan bukan hanya masalah harga. Fasilitas bahkan ukuran kamar pun harus jadi bahan pertimbangan. Khusus buatmu yang baru pertama kali ngekost berikut adalah tips memilih kost yang wajib kamu ketahui sebagai berikut :

Budget dan Harga Kamar  Kost 
Tips memilih kost yang pertama ini yang akan menentukan tempat kostan seperti apa yang akan kamu huni. Harga kamar sangat beragam. Lokasi, ukuran dan fasilitas kamar menjadi faktor penentu harga kamar. Makanya putuskan dulu budget kamu sebelum mencari kost. Dengan perkiraan budget, kamu juga bisa memperkecil pilihan kamar nantinya. Jadi tidak perlu repot-repot mengitari banyak kost

Ukuran Kamar

Ukuran kamar berpengaruh besar pada harga kamar. Apalagi bila kalian ingin kamar yang luas. Maka bersiaplah mengeluarkan kocek yang besar. Ukuran kamar sendiri sangatlah beragam. Dari yang hanya bisa ditempati satu orang. Hingga yang bisa ditempati empat orang.  Pastikan terlebih dahulu seberapa besar kamar yang kamu butuhkan. Buat perkiraan juga akan barang-barang yang akan kalian bawa. Apakah cukup pada kamar dengan ukuran kecil atau tidak.

Kamar Mandi

Tips memilih kamar kost yang nggak kalah penting adalah soal kamar mandi. Kamar dengan kamar mandi dalam akan lebih mahal dari yang tidak. Enaknya! kamu memiliki kamar mandi sendiri. Namun tidak enaknya! kamu harus membersihkan kamar mandi itu sendiri. Belum lagi, kalau terdapat cacing atau kecoa yang sering muncul pada kamar mandi kamu. Tentu saja terdapat pilihan kamar mandi luar juga. Enaknya kamu tidak perlu repot membersihkannya. Hanya saja kamu mungkin harus mengantri untuk dapat masuk ke dalam kamar mandi.

Perabotan Kost

Hampir semua kamar disediakan perabotan untuk penyewanya. Sebagai contoh kasur, meja, kursi dan lemari. Tetapi perabot yang disediakan bisa saja berukuran mini.  Yang tidak sesuai dengan expetasi kalian. Terkadang tidak semua perabot di atas disediakan. Ada yang menawarkan kasur dan lemari saja. Ada pula yang kasurnya saja. Makanya jangan lupa mengecek keadaaan perabotan ketika mencari kamar.

Fasilitas Pendingin Ruangan

Kalau kamu punya budget yang mepet tips memilih kost ini akan berguna untukmu. Kamu bisa mencari kost-kostan yang tidak menggunakan pendingin ruangan alias AC. Biasanya kamar kost tanpa AC ini harganya jauh lebih murah, apalagi kalau kamu harus ngekost di tempat yang dingin seperti Bandung. Solusi lain untuk kamu yang irit budget tapi tetap ingin kamar kost adem bisa mencoba memasang kipas angin

Fasilitas Internet

Buat anak perkuliahan internet sangatlah penting. Apalagi kamu yang kuliah dengan menggunakan internet sebagai bahan kuliahnya. Makanya memilih kamar dengan fasilitas ini sangatlah penting. Kalau tidak maka kamu bisa memasang sendiri. Atau terpaksa mencari internet gratis. Sebagai contoh di tempat teman, di beberapa gerai makanan maupun area kampus.

Fasilitas Cuci

Jangan diremehkan! Kalau tidak disediakan fasilitas cuci. Maka kalian akan kewalahan mencuci baju sendiri atau bahkan terpaksa berlangganan dengan laundry setempat. Kalau kamu bertanya pada anak kost lain, tips memilih kost yang satu ini pasti jadi bahan pertimbangkan yang paling dipikirkan. Biasanya pihak kost akan mencuci baju sebanyak 2 setel perhari. Yang berarti empat lembar baju. Buat yang suka gonta ganti pakaian harus mikir ulang nih. Rela nggak keluar uang untuk laundry. Yang sekarang di banderol dengan harga minimal 6000/kg di daerah Jakarta.

Fasilitas Dapur

Tidak semua kost an menyediakan fasilitas ini. Bahkan tidak semua menyediakan kulkas. Bagi kalian yang ingin menghemat pengeluaran makanan. Maka carilah yang menyediakan fasilitas ini ya. Kalau tidak repot juga kalau harus membawa kompor portable dari rumah.



Salah satu referensi Rumah Kost Putri di Kota Harapan Indah bisa dilihat dengan KLIK DI SINI

Info ini ditulis dan dibagikan oleh Seputar Harapan Indah dot com

Posting Komentar untuk "Tips Dalam Memilih Kamar Kost "