AIR HANGAT ATAU DINGIN YANG LEBIH BAIK ?

AIR HANGAT ATAU DINGIN, . . . MANA YANG LEBIH BAIK ?
  • Baik atau burukkah air dingin bagi anda? 
  • Apakah suhu air minum ada pengaruhnya bagi tubuh kita?

Air dingin tidaklah sebaik air biasa dengan suhu ruangan dalam hal absorsi. Penjelasannya adalah bahwa air dingin menyebabkan pembuluh darah sekitar lambung mengkerut, sehingga memperlambat absorsi.

Satu teori, yang mana para peneliti kedokteran mempunyai pandangan yang berbeda-beda tentang apakah air minum dingin sama baiknya dengan air minum hangat, terutama saat kita berolahraga. Beberapa dokter menganjurkan bahwa air dengan suhu ruang atau suhu badan adalah lebih baik daripada air dingin, karena badan harus menggunakan energinya untuk memanaskan air dingin yang masuk menjadi sesuai suhu tubuh, mengakibatkan sejumlah air hilang terbuang. Di sisi lain, beberapa dokter mengatakah bahwa setelah latihan fisik, kita harus minum air dingin untuk membantu mendinginkan badan lebih efektif dibandingkan air dengan suhu ruang.

Yang jelas adalah kebanyakan orang yang minum air dingin cenderung mengkonsumsi lebih banyak air, karena relatif berasa lebih enak dan memuaskan. Meski minum air dingin mengakibatkan sejumlah kecil air hilang, kelebihan air yang mungkin kita minum bisa mengatasinya.

Masalahnya adalah bahwa saat air dingin melalui system tubuh kita, mereka memampatkan lemak dari makanan yang baru saja kita makan atau yang kita makan sebelumnya. Ini membuat tubuh mendapatkan lemak yang lebih keras untuk dicerna dan dipecahkan, yang tidak diinginkan oleh tubuh kita. 

Bagaimanapun, jika kita mengubah minuman dingin kita dengan minuman hangat (air hangat/ kopi/teh/herbal). Air hangat membantu lemak dalam makanan kita tetap cair sehingga mempermudah system pencernaan dan membantu lemak melewati tubuh kita, serta menurunkan risiko dari pembuntuan arteri. Juga air hangat/panas merilekskan tubuh lebih baik. Air dingin mungkin lebih segar, tetapi dapat mengganggu pita suara kita, itu sebabnya penyanyi selalu minum air biasa.

Bila kita sedang berusaha membantu menurunkan demam, atau menolong seseorang yang tersengat matahari, kita tidak boleh merendam orang tersebut dengan air dingin, sebaiknya kita menggunakan air hangat atau bahkan sedikit lebih panas. Air dingin dapat mengakibatkan menggigil, yang mana justru bisa meningkatkan suhu badan secara nyata. Walaupun mandi dapat menjadi suatu cara pertolongan untuk menurunkan demam yang tinggi, kita harus menghindarkan seseorang dari kemungkinan menggigil. Jika orang dengan demam minum air dingin yang sangat dingin, mereka mungkin juga akan menggigil. Jadi air hangat atau suam-suam kuku mungkin merupakan pilihan terbaik.

Ada sejumlah cerita dalam masyarakat yang berhubungan dengan jumlah cairan dan tipe cairan yang dikonsumsi. Sebagai contoh masyarakat mengatakan bahwa kopi, teh dan soda menguras air dari tubuh mereka. Kenyataannya, masyarakat yang secara rutin meminum bahan-bahan makanan berkafein, menahan sekitar duapertiga dari apa yang mereka minum, dan ini dapat dihitung sebagai bagian dari asupan cairan harian. Mitos yang lain tentang air adalah “the eight”, delapan gelas air dibutuhkan setiap hari, tidak masalah sejumlah air yang kita minum ini air dingin atau panas. Asupan makanan harian biasanya menyediakan sekitar setengah dari jumlah kebutuhan cairan, kebanyakan orang akan mendapatkannya dengan meminum sekitar 1 liter air sehari.

Indikator terbaik apakah tubuh kita sudah cukup air adalah warna air kencing kita. Jika warna urin kuning gelap, kemungkinannya kita kekurangan air. Jika urin kita sudah berwarna jernih hingga kuning muda, berarti asupan cairan kita sudah cukup.
Ingat! . . . warna urin kita pagi hari akan selalu sedikit lebih gelap.

Sekedar joke!. . . inilah gambaran konsumsi air sesuai tingkatan usia kita.




Good Luck & Good Health !!!
FujiRO Center Bekasi






Untuk pemesanan airkesehatan FUJIRO
Hubungi : Hery 0811910080 atau via menu kontak dalam web ini !

====================
Artikel ini ditayangkan oleh "Seputar Harapan Indah"

Semua dilandasi dengan niat yang baik, pihak-pihak yang bersangkutan kami promosikan dan para pengunjung web ini mendapatkan informasi yang bermanfaat !
Namun apabila ada pihak pihak yang keberatan akan artikel kami ... Silahkan segera hubungi kami dan kami akan merevisi atau bahkan menghapusnya. Namun sebaliknya bila ada pihak pihak yang merasa artikel kami kurang lengkap dan anda bermaksud melengkapinya silahkan hubungi kami atau menambah langsung melalui kolom komentar dibawah ini !

Terakhir... bila para pengunjung merasa web ini bermanfaat dan ingin membantu mengembangkannya... dengan senang hati kami menerima
DONASI anda via rekening BCA kami 5210.510.500 a/n Herybertus Wahyu Widodo


Web ini didukung penuh oleh TURTLE 3 Broadband Network, penyedia internet handal di Seputar Harapan Indah

SUKA DENGAN ARTIKEL INFORMATIF SEPERTI INI ?

Silahkan berlangganan Info Seputar Harapan Indah sehingga anda bisa mendapatkan langsung via email anda. Caranya mudah banget dan 100% GRATIS yaitu dengan menulis alamat email anda dibawah ini KLIK Mau Langganan. Jangan lupa dilanjutkan dengan aktivasi berlangganan dengan mengklik link yang dikirimkan ke email anda.

0 Response to "AIR HANGAT ATAU DINGIN YANG LEBIH BAIK ?"

Posting Komentar

PENTING !
Kami buka kesempatan seluas-luasnya termasuk untuk ANONYMOUS. Namun demikian mohon kepada ANONYMOUS untuk menyebutkan NAMA & LOKASI anda di akhir komentar sebagai bentuk tanggungjawab anda !